Aksi 1.000 Lilin Warga Labuan Bajo untuk Vonis Ahok

Aksi 1000 lilin di Labuan Bajo untuk Ahok.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Vera Bahali (Labuan Bajo)

VIVA.co.id – Ratusan warga Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, berbondong-bondong berkumpul mengadakan aksi 1.000 lilin untuk Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada Kamis malam, 11 Mei 2017. Mereka menyalakan lilin di dua titik, yakni di Patung Caci Labuan Bajo dan Kantor Pengadilan Kabupaten Manggarai Barat.

Momen Lucu LPSK Sangat Sigap Kawal Richard Eliezer, Netizen: Good Job!

Aksi ini diikuti oleh ratusan masyarakat Labuan Bajo dari berbagai kalangan. Tidak hanya warga biasa, beberapa tokoh agama, pastur, dan biarawan-biarawati juga ikut serta.

Aksi 1.000 lilin ini merupakan bentuk simpati dan dukungan moral warga Labuan Bajo, untuk mantan Gubernur DKI Jakarta yang akrab disapa Ahok tersebut. Pantauan VIVA.co.id, warga yang ikut dalam aksi ini mengadakan doa bersama untuk Ahok dan keadilan serta kesatuan Negara Republik Indonesia.

Menkum: Di Lapas Cipinang Ada Massa Anti Ahok

Salah seorang warga yang juga mengikuti aksi, Marsel Ngarung, mengatakan, aksi 1.000 lilin untuk Ahok ini sebagai bentuk protes masyarakat Labuan Bajo yang tidak setuju atas vonis hakim terhadap Ahok dengan pasal penodaan agama dan hukuman dua tahun penjara. Mereka juga berharap bisa memberikan dukungan moral bagi Ahok.

"Kami merasa bahwa vonis hakim itu tidak adil. Kami berharap pemerintah dan dunia peradilan di Indonesia harus bisa memberi rasa adil kepada seluruh masyarakat. Termasuk Ahok," kata Marsel kepada VIVA.co.id.

Petinggi PKS Heran Ahok Masih Ditahan di Mako Brimob

Sepanjang aksi, warga mengadakan doa bersama dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia. Warga juga melakukan long march sambil membawa lilin yang menyala sepanjang hampir 10 kilometer.

Di depan Kantor Pengadilan Kabupaten Manggarai Barat, warga yang mengikuti aksi, memasang ratusan lilin berbentuk tulisan "Save Ahok". Aksi ini berjalan tertib dan aman sampai selesai.

Laporan: Vera Bahali (Labuan Bajo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya