Ribuan Mahasiswa di NTT Demonstrasi Minta Ahok Dibebaskan

Ribuan mahasiswa NTT minta Ahok dibebaskan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jo Mariono

VIVA.co.id – Sekitar tiga ribu mahasiswa di Manggarai, Nusa Tenggara Timur atau NTT, berunjuk rasa di Lapangan Motang Rua Ruteng, Kamis 11 Mei 2017. Mereka meminta Pengadilan Tinggi DKI Jakarta membebaskan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang saat ini ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua Depok.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

Massa mahasiswa menilai, vonis dua tahun penjara yang dijatuhkan kepada Gubernur DKI Jakarta nonaktif Ahok, dalam kasus dugaan penistaan agama dipengaruhi tekanan dan konspirasi antara elite politik serta ormas radikal.

“Ahok harus dibebaskan. Kasus Ahok hasil konspirasi,” seru seorang orator dari atas mimbar unjuk rasa.

Pengunjuk rasa menilai hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang memutus perkara Ahok dengan bertindak semena-mena dan melukai rasa keadilan. “Hakimnya tidak punya nurani. Hakim bermental bejat. Bebaskan Ahok,” lanjut orator.
 
Mahasiswa dalam pernyataan sikapnya juga mendesak pemerintah agar bertindak tegas memberantas organisasi radikal yang memakai label agama untuk menguasai negara dan memecah-belah bangsa.
 
“Mari berperang melawan ormas radikal. Kami ingatkan negara ini tidak dibangun oleh kelompok tertentu saja. Indonesia besar oleh karena seluruh anak bangsa termasuk kalangan minoritas,” cetus orator lainnya bernama Marsel Samsudin.
 
Selain mengutuk tindakan hukum terhadap Ahok, mahasiswa melarang ormas radikal untuk tidak menginjakkan kaki di Flores termasuk di Tanah Congka Sae Manggarai Raya.
 
Seruan bebaskan Ahok merupakan rangkaian kegiatan aksi kebangsaan bela NKRI yang melibatkan mahasiswa STKIP St Paulus Ruteng, STIPAS St Sirilus Ruteng serta mahasiswa STIE Karya Ruteng.
 
Aksi demo mahasiswa ini juga diisi dengan pembacaan puisi berantai, pengucapan petisi bela NKRI, doa bersama dan ditutup dengan tari Ja’i massal. (one)

Ruko Milik Ahok di Medan Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar

Laporan: Jo Mariono/tvOne Kupang

Komut Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

Ahok berharap, subsidi BBM yang diberikan Pemerintah dievaluasi dari yang tadinya ke produk, jadi langsung ke penerima.

img_title
VIVA.co.id
11 Februari 2022