Lima Gubernur Terpilih Akan Dilantik Presiden Jumat Besok

Presiden Joko Widodo saat melantik kepala daerah
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Pilkada serentak 2017, yang di gelar di 101 daerah telah usai. Pemerintah pun akan secepatnya melantik pasangan Gubernur, Bupati. dan Wali Kota terpilih secara bertahap. Pelantikan para kepala daerah terpilih itu akan dilakukan dalam tiga tahap.

Usai Tiga Tahun Kosong, Wagub Sulteng Resmi Dijabat Rusli Baco

"Pelantikan akan dimulai tiga tahap, sesuai habis masa jabatannya," kata Menteri Dalam Negeri, Tajahjo Kumolo, melalui pesan singkat, Kamis 11 Mei 2017.

Tjahjo menjelaskan, beberapa kepala daerah yang habis masa jabatannya pada Mei dan akan segera dilantik adalah Gubernur Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, Bangka Belitung, Papua Barat, ditambah Wakil Gubernur Riau yang kosong.

Pesan Jokowi ke Gubernur Baru Lampung, 'Back Up' Kebutuhan Ibu Kota 

"Pelantikan diagendakan Jumat sore (12 Mei 2017)," ucapnya.

Tahap kedua pelantikan Gubernur terpilih akan dilakukan pada awal Juli. Presiden dijadwalkan akan melantik Gubernur Aceh. "Dan, Oktober pelantikan Gubernur DKI," ujarnya.

Jokowi Lantik Arinal Sebagai Gubernur Lampung 2019-2024 

Sedangkan untuk pelantikan pasangan Bupati, Wali Kota terpilih yang awalnya dijadwalkan di hari yang sama, akhirnya dimundurkan. setelah pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih oleh Presiden.

"Mundur 22 Mei, jadi serentak gitu. Tahap pertama untuk yang jabatannya selesai," ujar Tjahjo.

Untuk pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih, akan dilakukan oleh Presiden di Istana Negara. Sedangkan Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota terpilih akan dilantik oleh Gubernur di daerah masing masing. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya