Ribuan Pendukung Ahok Padati Tugu Proklamasi

Ribuan pendukung Ahok di Tugu Proklamasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Sejak Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama nonaktif divonis hukuman dua tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara, para pendukungnya terus menggelar aksi di sejumlah tempat.

Polisi Bubarkan Aksi Menyalakan Lilin di Lapangan Gasibu

Salah satunya di Tugu Proklamasi, acara yang dimulai sejak pukul 18.30 WIB ini bertajuk Malam Solidaritas Atas Matinya Keadilan. Menurut pantauan VIVA.co.id pukul 21.00 WIB, ribuan orang memadati area Tugu Proklamasi mengenakan baju hitam dengan membawa lilin.

Aksi digelar dengan berdoa bersama. Salah satu pastur turut memanjatkan doa-doa. "Kita perlu bangkit, ini tanda dari doa-doa tokoh agama bahwa kita ini dari berbagai suku bangsa," ujarnya.

Pendukung Ahok yang Kritik Jokowi Dilaporkan ke Polda Metro

"Saya sebagai pastur, membela Ahok, roh kebangsaan Indonesia itu adalah Pancasila. Ahok bukan tokoh yang cengeng dan ecek-ecek, Ahok adalah patriot sejati," tuturnya.

Kata dia, Tuhan itu memberikan kenikmatan kepada umatnya, dan vonis Ahok itu tidak sesuai dengan apa yang dilakukan. "Padahal dia memandang semua orang sebagai saudara dan sebagai insan yang layak dilindungi," katanya.

Diancam Mendagri, Ini Kata Pengkritik Jokowi

Salah satu pendukung Ahok dari Manado turut hadir, seperti pasangan suami istri ini, Metiy Agaatsz dan Adry. Kata Adry, Ahok harusnya dibebaskan karena kerjanya bagus, kenapa orang seperti itu harus dipenjara.

"Orangnya kerjanya bagus dan jujur. Saya aneh kenapa orang seperti itu dipenjara. Kalau Jakarta tolak Ahok, saya minta dia ke Manado saja, kalau bisa," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Amien Rais saat di gedung DPR.

Amien Rais Minta Pendukung Ahok Bisa Legawa dan Move On

"Yang kalah juga legawa, itu aturan demokrasi. Kemudian move on."

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2017