Elza Syarif Beberkan Teror Korupsi e-KTP

Pengacara Elza Syarief (kiri) di Gedung KPK.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

VIVA.co.id – Pengacara Kondang, Elza Syarief menyebut ada oknum yang menekan dirinya ketika masih mendampingi mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazarudin, pada tahun 2013 lalu. Ia mengklaim, 'teror' terhadapnya dimulai saat Nazar mulai membongkar kasus dugaan korupsi e-KTP.

Setya Novanto Dapat Remisi Idul Fitri, Masa Tahanan Dipotong Sebulan

"Itu waktu tahun 2013 saya sendiri lupa siapa orangnya, ada juga lawyer-lawyer dari kuasa hukum beberapa orang namanya yang disebut oleh Nazaruddin terlibat," kata Elza seusai menjalani pemeriksaan saksi untuk tersangka Andi Agustinus alias Andi Narogong di kantor KPK, Rabu 10 Mei 2017.

Bahkan, lanjut Elza, dia akan dilaporkan ke Kepolisian dan dilaporkan ke organisasi advokat dengan sangkaan melanggar kode etik, apabila terus berbicara mengenai korupsi e-KTP.

Diperiksa Kasus E-KTP, Eks Mendagri Gamawan Fauzi Bantah Kenal Tanos

"Lawyer-lawyer itu juga menegur saya dengan keras dan mengancam kalau saya terus-terusan bicara soal e-KTP itu, saya bisa dilaporkan melanggar kode etik, terus juga bisa dilaporkan ke polisi," ujarnya.

Namun, waktu itu Elza berdalih dan menegaskan bahwa apa yang disampaikannya sudah sesuai profesionalitas atas dasar permintaan kliennya, Nazaruddin.

Pengusutan Korupsi E-KTP Masih Lanjut, KPK Periksa Rekanan Proyek

"Saya bilang saya ini tak memberikan keterangan apapun, saya hanya sampaikan apa yang menjadi permintaan klien saya. Kemudian memang ditanya oleh wartawan dan itu kan terbuka untuk umum," imbuh Elza.

Menkumham Yasonna Laoly saat konferensi AALCO di Nusa Dua, Bali

Yasonna Dorong Forum Pengembalian Aset Korupsi Century dan e-KTP di Forum AALCO

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly mengatakan, Indonesia punya pengalaman pengembalian aset hasil pidana korupsi dari luar negeri.

img_title
VIVA.co.id
20 Oktober 2023