TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Bubarkan HTI, Pemerintah Siap Tempuh Jalur Pengadilan

Mendagri Tjahjo Kumolo sudah punya bukti untuk ke pengadilan.
Bubarkan HTI, Pemerintah Siap Tempuh Jalur Pengadilan
Ilustrasi unjuk rasa Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di Car Free Day (VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi)

VIVA.co.id – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, pemerintah tengah menyiapkan langkah jalur pengadilan untuk membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

"Sekarang sedang dipersiapkan oleh Kejaksaan, Jamintel untuk mengajukan di pengadilan," kata Tjahjo usai Rakornas Sosialisasi Kebijakan Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri di kawasan, Tanah Abang Jakarta, Rabu 10 Mei 2017.

Tjahjo menambahkan, pemerintah di bawah Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) mempunyai bukti kuat untuk membubarkan HTI.

"Lengkap. Ada video tidak hanya rekaman atau tulisan, visual, dia ngomong di mana, hari apa dan forum apa, lengkap. Ini kan sudah pengkajian cukup lama," ujarnya menjelaskan.

Tjahjo membantah pernyataan HTI yang merasa tak pernah mendapat teguran berupa surat peringatan hingga ada keputusan mendadak pembubaran oleh pemerintah.

"Ya terserah. Pemerintah sudah berkali kali mengingatkan," ujarnya.

Dia menegaskan, dengan pembubaran HTI bukan berarti pemerintah anti ormas keagamaan. Pemerintah tetap mendukung ormas apa pun selama tak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 45.

"Setiap warga  punya hak membuat, berhimpun di negara kita. Tapi harus mengakui secara ideologi negara ini. Kalau dia ormas keagamaan misalnya Islam harus mengamalkan Alquran dan hadis iya. Tapi sebagai bagian dari warga negara Indonesia dia harus mengakui Pancasila, Kebhinekaan, Keberagaman." (mus)

 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP