PAN Timbang Eks Menteri ESDM Jadi Penantang Ganjar di Jateng

Sudirman Said, mantan Menteri ESDM.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Irwandi Arsyad

VIVA.co.id - Partai Amanat Nasional  menjajaki sejumlah nama tokoh untuk dicalonkan sebagai gubernur Jawa Tengah dalam pilkada tahun 2018. Salah satu nama yang ramai diperbincangkan adalah Sudirman Said, mantan Menteri ESDM.

Diah Warih Muncul di Bursa Cagub-Cawagub Jateng, Bersaing dengan Kaesang hingga FX Rudy

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PAN Jawa Tengah, Wahyu Kristianto, mengakui bahwa nama Sudirman Said memang sudah mengemuka. Tapi sejauh ini pengurus di Jawa Tengah belum menerima arahan apa pun dari pimpinan pusat PAN di Jakarta tentang Sudirman Said.

"Prosesnya kita baru menerima masukan dari elemen masyarakat terkait kader PAN di Pilgub (Pemilihan Gubernur Jawa Tengah). Kita masih dalami, memang ada nama Pak Sudirman Said," kata Wahyu kepada VIVA.co.id pada Senin, 8 Mei 2017.

Survei PPI: Popularitas Gibran Unggul di Pilgub Jateng, Faktor Anak Jokowi Cuma 8,1 Persen

Wahyu menolak berkomentar banyak tentang nama Sudirman Said dalam bidikan PAN. Menurutnya, politik sangat dinamis dan semua kemungkinan sangat bisa terjadi. Apalagi Pilkada Jawa Tengah masih cukup lama, yakni Juni 2018.

"Satu hal yang pasti, calon gubernur dari PAN harus benar-benar mengerti kebutuhan rakyat Jateng. Dia harus punya konsep membangun Jateng secara menyeluruh," ujarnya.

PPI: Dari Segi Popularitas Bakal Cagub Jateng, Gibran Tertinggi

Wahyu menyebut nama lain yang memang dipertimbangkan untuk dicalonkan sebagai gubernur Jawa Tengah, menantang calon gubernur petahana, Ganjar Pranowo. Nama-nama itu, di antaranya, Taufik Kurniawan dan Nasrullah, masing-masing adalah Wakil Ketua Umum PAN dan mantan Bendahara Umum PAN. Mereka dinilai sebagai orang Jawa Tengah yang punya visi bagus untuk membangun daerahnya.

Selain menjajaki tokoh-tokoh itu, PAN juga mulai mendekati calon partai koalisi. Wahyu menyebut, PAN terbuka untuk seluruh partai karena partainya harus berkoalisi dengan partai lain di Pilkada.

Belakangan banyak pengamat menyebut nama Sudirman Said bisa menjadi tokoh alternatif yang mampu bersaing dengan Ganjar Pranowo. Sudirman bahkan disebut akan bersanding dengan Marwan Jafar, mantan Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, yang dicalonkan Partai Kebangkitan Bangsa. 

"Saya rasa beliau-beliau adalah tokoh cukup baik. Kita buka kemungkinan berkoalisi dengan semua partai, termasuk PKB juga sangat mungkin," kata Wahyu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya