TUTUP
TUTUP
NASIONAL

PDIP Seleksi Cagub Jabar, Ridwan Kamil Berpeluang Lolos

PDIP sedang menyeleksi lima figur kandidat gubernur Jawa Barat.
PDIP Seleksi Cagub Jabar, Ridwan Kamil Berpeluang Lolos
Ridwan Kamil (Bandung.go.id)

VIVA.co.id - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, atau PDIP, sedang menyeleksi lima nama untuk dicalonkan sebagai gubernur Jawa Barat, dalam pilkada provinsi itu tahun 2018. Nama Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung, masuk daftar figur yang diseleksi.

Sekretaris PDIP Jawa Barat, Abde Yuhana menolak menyebutkan empat nama lain yang diseleksi berdasarkan tingkat popularitas dan elektabilitasnya itu. Namun, dia berterus terang Ridwan Kamil, alias Emil memang dipertimbangkan.

"Jadi, ada lima (nama figur), baik dari eksternal maupun internal (PDIP), yang sudah masuk dalam penggodokan di PDI Perjuangan. Bisa saja, salah satunya Emil (lolos seleksi)," kata Abde, ketika ditemui di kampus Universitas Pasundan, Bandung, Senin 8 Mei 2017.

Popularitas dan elektabilitas kelima figur itu, kata Ade, disurvei mulai 20 Mei mendatang. Hasilnya akan diumumkan beberapa bulan kemudian, lalu diputuskan oleh pimpinan pusat PDIP di Jakarta.

Dia mengakui, Emil memang salah satu kandidat yang populer. Tetapi, popularitas bukan pertimbangan utama dan mutlak. Semua diputuskan, setelah hasil survei itu diketahui.

"Termasuk juga Ridwan Kamil, belum juga ada keputusan untuk diusung. Tetap, partai menggunakan mekanisme penjaringan (seleksi berdasarkan survei popularitas dan elektabilitas)," katanya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP