TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Jokowi Akhirnya Tahu Siapa Hokage dan Konoha

Jokowi berharap Indonesia bisa seperti negara Konoha.
Jokowi Akhirnya Tahu Siapa Hokage dan Konoha
Presiden Jokowi dan patung lilin Presiden Soekarno di Museum Madam Tussauds Hong Kong. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo akhirnya mengetahui secara singkat tentang film kartun Naruto setelah mendapatkan penjelasan lewat video youtube dari Yadian (14), seorang santri Al-Khoirot, Karangsuko, Pagelaran, Malang, Jawa Timur. 

"Terima kasih Yadian yang ganteng atas video kirimannya untuk #Jokowimenjawab. Sekarang saya jadi paham apa itu Hokage dan Konoha," tulis Jokowi dalam akun resminya di Facebook.

Sebelumnya, Yadian menanyakan kepada Jokowi, siapakah Hokage kedelapan dalam anime Naruto? Jokowi dengan jujur menjawab pertanyaan Yadian, bahwa dirinya tidak mengetahui sama sekali Hokage dan Naruto tersebut. 

"Yadian saya harus ngomong apa adanya, saya enggak tahu Hokage kedelapan, Naruto saya enggak ngerti. Jadi kalau saya jawab nambah keliru. Jadi tolong buatin video lagi jelasin ke saya Hokage kedelapan itu apa dan Naruto itu siapa?" ujar Jokowi sambil tertawa.

Permintaan Jokowi langsung direspons oleh Yadian dengan membuat video pendek menjelaskan Naruto dan Hokage kepada Jokowi. Dalam video itu, Yadian terlihat duduk bersila dengan mengenakan peci warna hitam, baju koko warna cokelat lengan panjang, sorban hijau, dan sarung merah menjelaskan dengan santai soal Hokage dan Naruto tersebut.

Yadian menjelaskan, Hokage itu secara harfiah itu berarti bayangan api, sedangkan Hokage adalah gelar pemimpin yang diberikan kepada pemimpin desa Konohagakure. 

"Hokage umumnya dianggap sebagai Sinobi (ninja) terkuat di Konoha," ujar Yadian dalam penjelasannya.

Kata dia, sejauh ini sudah ada tujuh Hokage di Desa Konoha. Pertama, Hasirama Senju, kedua Tobirama Senju, ketiga Hirozen Sarutobi. keempat Minato Namikazo, kelima Tsuande, keenam Kakasih Hakake, ketujuh Uzumaki Naruto. 

"Nah pas banget, Pak di Indonesia Presidennya sekarang ketujuh Bapak Jokowi. Nah, di Konoha ini, Hokagenya ketujuh yaitu Uzumaki Naruto. Uzumaki Naruto itu, kepemimpinannya itu; tentram, damai, alim, disiplin. Jadi Bisa enggak, Bapak, seperti negara Konoha?" kata Yadian.

Jokowi langsung menjawab dalam laman Facebooknya dan berharap semoga kepemimpinan bisa seperti Uzumaki Naruto.

"Apakah saya mampu menjadikan negara kita seperti Konoha dalam kepemimpinan Uzumaki Naruto yang tentram, damai, alim dan disiplin? Saya jawab Insya Allah. Dengan izin Allah dan kerja keras kita semua, pasti bisa," tulis Jokowi.

Kunjungan ke Pesantren

Di akhir video pendek itu, Jokowi merespons permintaan Yadian agar Presiden RI dapat berkunjung ke pesantren Al-Khoirot, Karangsuko, Pagelaran, Malang, Jawa Timur.

"Mengenai kunjungan ke Pondok Pesantren Al-Khoirot di Malang, saya pun berharap semoga ada kesempatan ke sana," tulisnya.

Tak ayal, status dan video penjelasan Yandi soal Naruto yang diunggah di laman Facebooknya mendapatkan beragam tanggapan dari para netizen atau para warganet. Bahkan, hingga hari ini Minggu 7 Mei 2017, sudah ada 32.481 yang me-ngelike, 3.367 yang komentar dan 6.840 yang membagikan status Jokowi di meda sosial. 

Lihat videonya di sini.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP