Tahanan Terpidana Mati Kabur dari Lapas Makassar

Tiga narapidana dilaporkan kabur dari Lapas Makassar, Sulawesi Selatan, pada Minggu dini hari, 7 Mei 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasir

VIVA.co.id - Tiga narapidana dilaporkan kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Makassar, Sulawesi Selatan. Para napi itu diperkirakan melarikan diri pada Minggu dini hari, 7 Mei 2017.

4 Napi yang Pernah Kabur dari Nusakambangan, Ada 'Robin Hood'

Satu dari tiga napi itu diketahui adalah terpidana hukuman mati dan dua yang lain dihukum seumur hidup. Petugas Lapas Makassar baru menyadari mereka hilang setelah melakukan apel pagi sekira pukul 06.15 Wita.

Menurut Kepala Lapas Makassar Marasidin Siregar, para napi itu kabur setelah memotong terali besi menggunakan gergaji lalu melewati selokan, naik ke pos dan melompat keluar. Dia belum mengetahui pasti dari mana mereka mendapatkan alat untuk memotong terali besi itu.

Kerusuhan di Rutan Bima, Belasan Napi Kabur

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Polrestabes Makassar Komisaris Besar Polisi Endi Sutendi, menyebut para napi itu kabur sekira pukul 01.00 Wita. Mereka, antara lain, Rizal Budiman alias Ical (22 tahun), Tajrul Kilbareng (31 tahun), dan Iqbal alias Bala (31 tahun).

Ketiga tahanan yang kabur itu seluruhnya terjerat pasal 338 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tentang pembunuhan. Satu di antara tiga napi itu dijatuhi hukuman mati. 

Minim Bukti, Polres Gunung Kidul Setop Usut Sabu di Lapas Perempuan

"Kami lakukan koordinasi dengan pihak Lapas dahulu. Tim identifikasi juga melakukan olah TKP (tempat kejadian perkara). Kami juga akan membentuk tim khusus untuk pencarian tiga napi itu," kata Endi.

Pemusnahan Barang Sitaan di Lapas Salemba. Foto ilustrasi.

800 Telepon Genggam Disita dari Sel Napi Lapas Salemba

 Lapas Salemba Jakarta Pusat melakukan razia terhadap kepemilikan handphone kepada para warga binaan, Kamis 10 Maret 2022.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022