Lanjutkan Roadshow, Menpar Arief Yahya ke Markas Lion Air

Lanjutkan Roadshow, Menpar Arief Yahya ke Markas Lion Air Lagi
Sumber :

VIVA.co.id – Kegigihan, kengototan, agresifitas menteri yang satu ini, makin kelihatan. Pantang putus asa sebelum goalnya tercapai. Spirit WIN-way, solid, speed, smart, dia tularkan ke seluruh pejabat Kemenpar RI, untuk mencapai target double 20 juta di 2019 nanti.

Kegep! Ada Cuplikan Sawah Bali dalam Video Promosi Pariwisata Filipina

Siapa lagi kalau bukan Arief Yahya, Menteri yang dipercaya Presiden Jokowi mengurus pariwisata itu. Kamis, 4 Mei 2017, Mantan Dirut PT Telkom ini mendatangi markas Lion Air di Jakarta lagi. Ini kali kedua dia ditemui Rusdi Kirana, bos LCC Low Cost Carrier Airlines, berlogo singa merah itu.Lanjutkan Roadshow, Menpar Arief Yahya ke Markas Lion Air Lagi

Menpar Arief terus roadshow ke semua stakeholder air connectivity. Airlines, Airports dan Airnav Authority. Ini sebagai tindak lanjut Rakornas I tahun 2017 di Hotel Borobudur lalu. Ini juga tantangan ketika seats capacity masih kurang 2 juta lagi di 2017 ini.

Sandiaga Uno Ternyata Melow, Nangis Waktu Nonton Film Ini

Dua pebisnis profesional, ketika bertemu pasti menghasilkan keputusan besar. Menpar Arief langsung ditemui oleh Owner Lion Air Group Rusdi Kirana yang didampingi Edward Sirait, CEO Lion Group, Rudy Lumingkewas, CEO Lion Air, Achmad Hasan, CEO Wings Air, Rama Chandra, CEO Malindo (Malaysia), dan Darsito Hendroseputro, CEO Thai Lion Air yang Minggu sebelumnya bertemu di Bangkok, di sela-sela WTTC-UNWTO Ministrial Dialogue itu.

Lion Air melaporkan beberapa kemajuan setelah pertemuan dengan Menpar Arief sebelumnya. "Jumlah penerbangan ke Manado dari China yang sekarang menjadi 3 kali sehari, mampu mengangkut 2.400 wisman," kata Rusdi Kirana.

Akatara 2021 Bakal Gaet Pelaku Perfilman Senior

Namun Rusdi menyampaikan kendala, seperti jumlah hotel di Manado yang tidak mencukupi, sehingga peningkatan kapasitas penerbangan sulit dilakukan. "Jumlah 2.400 wisman merupakan jumlah maksimal, tidak cukup lagi kapasitas hotelnya," kata Rusdi.

Rusdi Kirana menyarankan agar perusahaan BUMN, seperti WIKA, membangun hotel dengan bantuan financing dari bank-bank BUMN. "Lion Air bersedia untuk memblok dan memastikan kamar-kamar hotel tersebut dibeli Lion Group, sehingga ketersediaan pelanggan hotel dapat terjamin," kata Rusdi Kirana.

Lion Air juga masih menemui kendala regulasi dari Kemenhub. Menpar Arief berjanji akan meneruskan kajian hukum dari Lion Air kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, sehingga peraturan-peraturan yang banyak menghambat dapat dihilangkan.

Lion Air Group juga siap menerbangi Bandara Silangit Danau Toba ketika landasan sudah siap, diperkirakan bulan September 2017. Maskapai nya adalah Batik Air, salah satu maskapai group Lion yang full service.

Rusdi Kirana juga menyampaikan usulan agar ada panggung di Boulevard Manado yang menjadi tempat pertunjukan Budaya setiap hari. Bapak Rusdi menyarankan ada pihak dari Kemenpar yang juga stand by di sana. Menpar pun langsung meminta Kadispar di Manado dan Sulut agar menindaklanjutinya.
Selain itu, Rusdi juga menyarankan untuk menjadikan airport di Gorontalo Sulut sebagai ‘alternate station’ bagi Manado. Itu artinya harus menggeser dari Makassar, yang jarak tempuh dan lokasinya lebih jauh. Ini sekaligus menghidupkan pariwisata di Gorontalo.

Secara khusus Menpar Arief Yahya mendorong Lion Air Group untuk membuka rute ke Tanjung Pandan Belitung yang sudah menjadi International Airport. Malindo tertarik untuk menerbanginya dari Subang Airport Kuala Lumpur. "Bandara Internasional Belitung sudah siap dioperasikan, silakan Lion Group masuk, dan membuka direct flight ke Negeri Laskar Pelangi," ujar Menpar Arief.

Menpar juga mendorong Lion Air Group untuk membuka lebih banyak rute ke Bali dan Lombok dari Kuala Lumpur, serta ‘direct flight’ dari India yang saat ini belum ada. "India sangat potensial, saat 2016 yang belum ada direct fligjt saja sudah ada 300.000 wisman dari India yang datang ke Indonesia per tahun. Berarti per hari ada sekitar 1000 orang? Potensi ini belum digarap," kata Arief Yahya.

Kemenpar dan Lion Air Group akan bekerjasama dalam ‘media placement’ untuk kota-kota asal wisman di India, China, dan Thailand yang diterbangi maskapai Lion Air Group. (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya