Kapolri: 212 Napi di Rutan Pekanbaru Sudah Ditangkap

Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian.
Sumber :
  • REUTERS/Tom Heneghan

VIVA.co.id – Kepala Kepolisian Republik Indonesia Tito Karnavian menyebut narapidana di rumah tahanan Sialang Bungkus, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Riau yang melarikan diri telah berhasil diciduk kembali oleh aparat gabungan.

Hasil Autopsi: Napi China Cai Changpan Tewas 12 Jam Sebelum Ditemukan

Meskipun sudah meringkus para napi yang telah melarikan diri, mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme itu mengaku belum mengetahui secara pasti, berapa jumlah tahanan yang melarikan diri.

"Sudah ada 212 yang tertangkap. Saya kira, ini perlu jadi bahan evaluasi," kata Tito, saat ditemui di Taman Makan Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Sabtu, 6 Mei 2017.

Kapolda Metro: Cai Changpan Gantung Diri karena Terdesak

Kapolri menegaskan, anggotanya sama sekali tidak melakukan intervensi apapun dalam menangani kasus tersebut. Sebagai penjaga keamanan negara, polisi hanya bertindak sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan.

"Kami tidak bisa setiap saat melakukan pengamanan, atau evaluasi pengamanan lapas. Tugas kami hanya mengamankan, agar situasi stabil. Sekarang sudah stabil," katanya.

Kapolda Pastikan Napi asal China Cai Changpan Tewas Gantung Diri

Kendati tidak memiliki data yang pasti, Tito menegaskan akan terus mengejar para tahanan yang berhasil melarikan diri tersebut. Terlepas dari hal itu, kejadian ini diharapkan Kapolri bisa menjadi evaluasi pengelola lapas tersebut.

"Pokoknya prinsip kita, yang jelas pasti ketangkap. Setelah ini, kami akan bentuk tim kejar. Kami akan kejar terus pelakunya,"kata dia.

Ilustrasi Penjara

Jebol Plafon, 8 Napi Narkoba Polres Serdang Bedagai Kabur

Delapan napi kabur setelah ada laporan dari tahanan lain. Sebagian di antaranya akan hidup udara bebas.

img_title
VIVA.co.id
23 November 2020