TUTUP
TUTUP
NASIONAL

171 Napi Rutan di Pekanbaru Kembali Ditangkap

Masih ada puluhan napi yang buron.
171 Napi Rutan di Pekanbaru Kembali Ditangkap
Penangkapan Tahanan yang Kabur dari Rutan di Pekanbaru Riau (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

VIVA.co.id – Tim gabungan aparat Polri, TNI dan Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Riau, berhasil menangkap 171 dari 200 narapidana yang kabur pada Jumat, 5 Mei 2017.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jendral Rikwanto mengatakan, saat Ini, pihak Lapas masih mendata napi yang telah ditangkap dan yang belum tertangkap.

"Sampai saat ini sedang memastikan jumlah rill tahanan yang kabur, karena masih didatakan oleh lapas. Namun diperkirakan berjumlah kurang lebih 200 orang napi yang melarikan diri, itu berdasarkan info dari Kepala Rutan Bapak Teguh," kata Rikwanto dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu, 6 Mei 2017.

Rikwanto mengatakan, napi yang telah ditangkap dan kembali ke Rutan sebanyak 171 orang. Sebanyak 169 di antaranya ditangkap di Pekanbaru dan dua orang di daerah Kecamatan Seikajang, Kabupaten Pelalawan.

Rikwanto menjelaskan, jumlah kekuatan pasukan gabungan yang diturunkan yakni terdiri satu satuan setingkat kompi (SSK) Anggota Polresta Pekanbaru, dua SSK Brimob Riau, satu SSK TNI, dan 2 pleton Sabhara Polda Riau.

"Situasi sampai saat ini masih dapat dikendalikan, mediasi masih berlangsung agar napi kembali ke masing-masing blok, blok B dan blok C," ucapnya.

Seperti diketahui, ratusan tahanan di Rutan Sialang Bungkuk, melarikan diri. Mereka kabur lewat pintu gerbang samping rutan, para tahanan bahkan sempat menyandera petugas.

Jumlah pasti tahanan yang kabur sebenarnya masih simpang-siur. Namun, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Riau, Komisaris Besar Polisi Guntur Aryo Tejo, memperkirakan mencapai 200-an tahanan. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP