171 Napi Rutan di Pekanbaru Kembali Ditangkap

Penangkapan tahanan yang kabur dari Rutan Sialang Bungkuk di Pekanbaru Riau, Sabtu (6/5/2017)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rony Muharrman

VIVA.co.id – Tim gabungan aparat Polri, TNI dan Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Riau, berhasil menangkap 171 dari 200 narapidana yang kabur pada Jumat, 5 Mei 2017.

Kakanwil Kumham: Tahanan Kabur di LPKA Jambi Karena Tak Dijaga Polisi

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jendral Rikwanto mengatakan, saat Ini, pihak Lapas masih mendata napi yang telah ditangkap dan yang belum tertangkap.

"Sampai saat ini sedang memastikan jumlah rill tahanan yang kabur, karena masih didatakan oleh lapas. Namun diperkirakan berjumlah kurang lebih 200 orang napi yang melarikan diri, itu berdasarkan info dari Kepala Rutan Bapak Teguh," kata Rikwanto dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu, 6 Mei 2017.

Awal Mula Terungkapnya Puluhan Tahanan Polres Batanghari Kabur

Rikwanto mengatakan, napi yang telah ditangkap dan kembali ke Rutan sebanyak 171 orang. Sebanyak 169 di antaranya ditangkap di Pekanbaru dan dua orang di daerah Kecamatan Seikajang, Kabupaten Pelalawan.

Rikwanto menjelaskan, jumlah kekuatan pasukan gabungan yang diturunkan yakni terdiri satu satuan setingkat kompi (SSK) Anggota Polresta Pekanbaru, dua SSK Brimob Riau, satu SSK TNI, dan 2 pleton Sabhara Polda Riau.

Puluhan Tahanan Polres Batanghari Kabur dari LPKA Jambi

"Situasi sampai saat ini masih dapat dikendalikan, mediasi masih berlangsung agar napi kembali ke masing-masing blok, blok B dan blok C," ucapnya.

Seperti diketahui, ratusan tahanan di Rutan Sialang Bungkuk, melarikan diri. Mereka kabur lewat pintu gerbang samping rutan, para tahanan bahkan sempat menyandera petugas.

Jumlah pasti tahanan yang kabur sebenarnya masih simpang-siur. Namun, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Riau, Komisaris Besar Polisi Guntur Aryo Tejo, memperkirakan mencapai 200-an tahanan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya