Empat Gempa Susulan Berpusat di Filipina

Seismograf, alat pencatat pergerakan gempa bumi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rudi Mulya

VIVA.co.id – Gempa bumi berkekuatan 6,8 Skala Richter (SR) mengguncang Provinsi Saranggani dan Davao, Filipina Selatan, Sabtu, 29 April 2017, pukul 03.23.17 WIB. 

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Awalnya, Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono mengemukakan, National Tsunami Warning Center BMKG menyebutkan gempa berkekuatan 7,2 SR dan berpotensi tsunami. 

Namun, setelah dilakukan analisis pemutakhiran menunjukkan, gempa bumi ini berkekuatan 6,8 SR dan tidak berpotensi tsunami. "Selanjutnya peringatan dini tsunami diakhiri," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu, 29 April 2017.  

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Pusat gempa bumi berada pada koordinat 5,49 LU dan 125,14 BT atau berada di laut pada jarak 19 kilometer arah barat daya Kota Dongcaling, Provinsi Saranggani. Gempa berada pada kedalaman 48 kilometer. 

Di wilayah selatan Provinsi Saranggani dan Davao, gempa bumi diperkirakan dapat menimbulkan kerusakan lemah hingga sedang. Sementara itu, di wilayah Indonesia, gempa bumi ini dirasakan lemah di Kepulauan Talaud.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Jika ditinjau dari hiposenternya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng. Dalam hal ini Lempeng mikro Laut Sulawesi menunjam ke arah timur laut pada Palung Cotabato (Cotabato Trench) dan terjadi deformasi/patahan pada kedalaman 48 kilometer.

Hingga saat ini, hasil monitoring BMKG menunjukkan sudah terjadi empat kali gempa bumi susulan (after shocks) dengan kekuatan berkisar antara 4,2-4,8 SR.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024