Pengamat: Kualitas Guru Indonesia Belum Memuaskan

Ilustrasi guru pengajar dan murid
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id – Berbicara mengenai pendidikan tidak akan lepas dari tantangan. Apalagi pendidikan sangat terkait dengan kehidupan manusia.

Jokowi: Semangat Belajar Anak-anak, Jangan Pernah Lunglai

Menurut pakar dan pengamat pendidikan, Itje Chodidjah, tantangan paling nyata pendidikan di Indonesia adalah keadilan dan kesamaan. Bukan hanya mengenai infratsruktur yang berupa gedung sekolah serta sarana dan prasarananya, tapi kualitas juga harus menjadi hal utama yang diperhatikan.

"Kualitas guru kita saat ini kalau melihat dari uji kompetensi guru masih terus berusaha ditingkatkan. Hasilnya saat ini masih belum memuaskan. Saya sebagai pengamat, pelaku, dan pendiri merasakan ada kesenjangan kualitas guru yang masih jauh," ujar Itje saat temu media Quipper di Grand Indonesia, Jakarta, Jumat 28 April 2017.

Hari Pendidikan Nasional, Nadiem: Berani Ciptakan Sejarah Baru

Kualitas guru inilah, Itje menilai, menjadi tantangan besar pendidikan. Karena, yang dihasilkan siswa adalah dari kualitas gurunya.

Bahkan, Itje mengungkapkan, dari sebuah penelitian di Selandia Baru menunjukkan bahwa pengaruh terbesar dalam keberhasilan pendidikan adalah guru. Penelitian yang paling dianggap valid karena dilakukan dalam jangka waktu panjang, yakni 12 tahun.

Hardiknas Saat Corona, Nadiem: Banyak Hikmah untuk Guru dan Orang Tua

Karena itulah, pendidikan Indonesia perlu meningkatkan kualitas guru.
 

Reza Rahardian

Hari Pendidikan Nasional Reza Rahadian Blusukan ke Sekolah Pedalaman

Reza Rahadian, ikut terjun langsung ke beberapa sekolah pedalaman yang ada di Indonesia termasuk Kupang dan Sumba, NTT

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2021