Haryadi-Heroe Ditetapkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogya

Tugu Yogyakarta.
Sumber :
  • ANTARA/Noveradika

VIVA.co.id - Komisi Pemilihan Umum menetapkan Haryadi Suyuti dan Heroe Poewadi sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta pada hari ini, Kamis 27 April 2017.

Pilkada Kota Yogya, Hasil Real Count Terpaut Tipis

Penetapan itu disampaikan dalam rapat pleno, setelah pasangan Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi unggul dengan jumlah 100.333 suara dalam Pilkada Yogyakarta. Sedangkan pasangan Imam Priyono-Achmad Fadli, hanya memperoleh 99.146 suara.

Dalam rapat yang dipimpin langsung Ketua KPU Kota Yogyakarta, Wawan Budiyanto, kedua pasangan calon hadir. Mereka tampak akrab dan sempat saling berjabat tangan sembari berpelukan.

Wali Kota Petahana Yogyakarta Klaim Menang Lewat Quick Count

Pemandangan itu menjawab selesainya persaingan Pilkada Kota Yogyakarta, setelah muncul ketetapan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam sidang putusan Rabu 27 April 2017.

Dalam rapat itu Wawan menyatakan, KPU Kota Yogyakarta wajib melakukan rapat pleno penetapan sehari usai penetapan putusan MK. Hal itu sesuai Peraturan KPU sebelum dilanjutkan hasil pleno ke DPRD Kota Yogyakarta.

Sultan HB X: Apa Pun Hasil Pilkada Semua Harus Legowo

"Pasangan nomor satu, Imam Priyono-Achmad Fadli, dalam pemilihan lalu berhasil memperoleh suara sah sebanyak 99.146 suara. Sementara, pasangan nomor dua, yaitu Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi mendapatkan suara sah sebanyak 100.333 suara," katanya.

Setelah mendapatkan sambutan ucapan sah dari para komisioner, kedua pasangan calon langsung berdiri dan bersalaman lalu berpelukan. Momen itu disambut tepuk tangan para pendukung masing-masing. (asp)

Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto.

PDIP Gugat Hasil Pilkada Yogyakarta ke MK

PDIP menengarai ada manipulasi dalam Pilkada Yogyakarta.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2017