TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Fadli: Penegakan Hukum Era Jokowi Terburuk Sejak Reformasi

Penegakan hukum era Jokowi dinilai kental kepentingan politik.
Fadli: Penegakan Hukum Era Jokowi Terburuk Sejak Reformasi
Wakil Ketua DPR, Fadli Zon. (VIVA.co.id/Zahrul Darmawan)

VIVA.co.id – Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, menilai selama Reformasi, era pemerintahan Presiden Joko Widodo punya catatan terburuk dalam penegakan hukum. Menurutnya, selama era Jokowi, penegakan hukum kental dengan kepentingan politik.

"Sangat terasa ketidakdilannya. Selama era Jokowi ini penegakan hukum terburuk sepertinya sejak era reformasi," kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 27 April 2017.

Fadli pun menanggapi adanya petisi agar Jokowi mencopot Jaksa Agung M Prasetyo yang dinilai punya pengaruh terhadap tuntutan jaksa penuntut umum terhadap hukuman terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam kasus dugaan penistaan agama. Dalam tuntutannya, jaksa hanya menuntut Ahok satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun. Ia menyebut biar masyarakat yang menilai petisi tersebut.

"Kita serahkan ke pemerintah ya. Tentu dalam hal ini presiden bagaimana melihat permintaan keinginan masyarakat," ujar Wakil Ketua Umum DPP Gerindra tersebut.

Seperti diketahui, tuntutan Ahok yang hanya setahun penjara dengan masa percobaan dua tahun menjadi pro dan kontra. Bagi kubu yang kontra, menganggap tuntutan tersebut terlalu ringan dan dituding karena ada intervensi.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara akan membacakan vonis tuntutan terhadap Ahok pada Selasa, 9 Mei mendatang.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP