Karni Ilyas: Tidak Ada yang Memberedel ILC

ILC/Ilustrasi.
Sumber :
  • Antara/ R Rekotomo

VIVA.co.id - Pemimpin Redaksi tvOne, Karni Ilyas, mengklarifikasi kecurigaan sebagian kalangan yang menyebutkan bahwa program diskusi publik Indonesia Lawyers Club (ILC) diberedel atau dilarang tayang oleh pemerintah.

DPR dan Pemerintah Sepakat Pilkada Jakarta Satu Putaran di RUU DKJ

Kecurigaan itu diperkuat karena ILC memang berhenti tayang selama lima bulan; sejak Desember 2016, terutama menyusul situasi memanas politik Tanah Air selama rangkaian Pilkada DKI Jakarta.

"Tidak ada yang memberedel ILC; tidak ada yang melarang ILC," kata Karni ketika mengawali siaran ILC bertajuk Merajut Jakarta Kembali pada Selasa malam, 25 April 2017.

Pakar: Kalau Keajaiban Pilpres Tak Terjadi, Anies akan Jadi Prioritas di Pilgub DKI

Karni menjelaskan alasannya mengapa ILC berhenti tayang selama lebih lima bulan, yakni karena situasi politik nasional terasa mencekam selama rangkaian Pilkada DKI Jakarta. Ditambah kasus hukum perkara penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yang memicu gelombang protes umat Islam se-Indonesia.

"Yang terjadi di Pilkada (DKI Jakarta) lalu, suasana mencekam, khawatir bangsa terpecah. Maka saya putuskan meliburkan ILC, diskusi yang multinarasumber, karena ILC menjadi barometer politik," katanya.

PKS: Kans Anies Baswedan Maju Lagi di Pilgub DKI Sangat Memungkinkan

Karni merasa bersyukur Pilkada DKI Jakarta berakhir damai dan kekhawatiran sebelumnya tak terjadi. Karena itu pulalah dia memutuskan ILC kembali tayang dan menyapa masyarakat Indonesia dengan topi yang masih hangat, yaitu upaya menyatukan kembali kebersamaan. (one)

Menteri Desa Abdul Halim Iskandar dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah

Diusulkan PKB Sebagai Bakal Cagub DKI Jakarta, Ida Fauziyah: Belum Dilantik Jadi DPR Nih

Ketua DPP PKB, Ida Fauziyah menanggapi adanya rencana Partai Kebangkitan Bangsa yang mengusulkan namanya sebagai kandidat bakal calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 20

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024