Jokowi Minta Budaya Kerja Jepang Ditularkan ke SDM Indonesia

Presiden Jokowi meresmikan pabrik PT Mitsubishi Motors di Cikarang Jawa Barat, 25 April 2017. BPS merilis, mayoritas perusahaan masih ada di Pulau Jawa.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Istimewa

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo berharap budaya kerja Jepang yang disiplin bisa ditularkan perusahaan-perusahaan asal Negeri Sakura itu ke sumber daya manusia Indonesia. Budaya disiplin kerja ini diharapkan selain alih teknologi dari Jepang yang sudah sering dilakukan.

Dapat Penghargaan dari Pemerintah Jepang, Akbar Tandjung: Ini Suatu Kehormatan

Hal itu dikatakan Jokowi saat meresmikan pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di kawasan Greenland International Industrial Center Deltamas, Pasar Ranji Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 25 April 2017.

Menurut Jokowi seperti dalam siaran pers Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, alih teknologi dan pengetahuan diperlukan untuk membangun budaya kerja yang baik bagi investor yang menanamkan investasinya di Indonesia.

Jepang Ingin Perkuat Kemitraan RI, Sepakat Stabilisasi Indo-Pasifik

"Terus lakukan pelatihan untuk SDM lokal. Bagus juga bila disiplin yang tinggi dalam budaya kerja SDM-SDM Jepang bisa ditularkan kepada SDM Indonesia. Jangan ragu untuk melibatkan putra-putri Indonesia dalam melahirkan inovasi-inovasi baru. Karena SDM Indonesia itu aslinya pintar-pintar semua," kata Presiden Jokowi, dalam sambutannya.

Jokowi menjelaskan peningkatan sumber daya manusia menjadi salah satu fokus pemerintah dalam menyiapkan tenaga siap pakai. Program vokasi yang kini terus digalakkan, diharapkan bisa menjadi memenuhi kebutuhan dunia kerja.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

"Vocational school dan juga vocational traning, kewirausahaan, dan pasar tenaga kerja. Pemerintah akan terus mengeluarkan kebijakan yang akan mempertemukan kecocokan kerja link and match atau job matching antara vokasi dan industri," kata Jokowi.

Jokowi mengakui, saat ini pemerintah sedang giat memangkas berbagai aturan terkait perizinan. Upaya ini dilakukan agar semakin banyak investasi yang masuk ke Tanah Air.

Dengan investasi yang masuk bisa memunculkan peluang kerja yang tak sedikit seperti oleh Mitsibushi. "Ini dapat membuka tiga ribu lapangan kerja. Sekali lagi, tiga ribu lapangan kerja," kata Jokowi.

Dalam laporannya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pembangunan pabrik baru PT.MMKI adalah bukti komitmen perusahaan tersebut bersama mitra usahanya yang telah ada di Indonesia sejak 1970.

"Untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksi Mitsubishi di dunia saat ini, dengan produk andalannya Colt yang mencapai dua juta unit," ucap Airlangga.

Total investasi PT.MMKI sebesar Rp7,5 triliun memiliki kapasitas produksi sebesar 160 ribu unit per tahun. "Dan bisa ditingkatkan hingga 240 ribu unit per tahun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 3.000 orang," kata Airlangga.

Turut hadir mendampingi Presiden antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala BKPM Thomas Lembong, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar serta Chairman of Mitsubishi Motors Carlos Ghosn. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya