Qari yang Wafat Saat Baca Alquran Juara Nasional

Ustaz Jakfar Abdurrahman saat melantunkan ayat suci Alquran.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Ustaz Jakfar Abdurrahman, qari atau ahli membaca Alquran, yang meninggal saat membaca ayat suci Alquran di rumah Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, di Surabaya, Jawa Timur, ternyata hanya lulusan sekolah dasar. Tetapi sejak kecil dia gemar membaca Alquran.

Pinjam Uang di Bank Syariah Apakah Riba? Ini Penjelasan Buya Yahya

Jakfar adalah warga pabrik kulit Gang VI, Kelurahan/Kecamatan Wonocolo, Surabaya, Jawa Timur. Rumah pria kelahiran 1961 itu tidak jauh dari rumah Khofifah di Jemursari Surabaya. "Beliau lulusan SD Taquma di Wonocolo. Tidak kuliah," kata Kartika, tetangga almarhum, Senin, 24 April 2017.

Jakfar, lanjut Kartika, diketahui belajar meneruskan pendidikan di pondok pesantren. "Semua tahunya dia mondok, tapi tidak tahu mondoknya di mana. Di kampung warga tahunya beliau mondok saja," ujar Kartika, yang saat tak sadarkan diri ikut mengantar almarhum ke rumah sakit.

Viral Seorang Pria Jadi Mualaf Setelah Lakukan Hal Unik Ini di Masjid

Sekembali dari pondok, tutur Kartika, Jakfar menularkan ilmunya dengan mengajar anak-anak kampung mengaji. Aktivitas itu dilakukannya hingga dia kemudian meninggal. "Beliau juga juara nasional qari," ucapnya.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa juga mengenal Jakfar sebagai sosok yang jago membaca Alquran. "Beliau tetangga saya, memang yang saya tahu pandai membaca Alquran, dan meninggal hari ini saat membaca Alquran. Insya Allah khusnul khotimah," ujarnya.

Terpopuler: Pembakar Alquran Dikabarkan Tewas, Wanita Mualaf Meninggal hingga Pakistan Geser RI

Diberitakan sebelumnya, Ustaz Jakfar mengembuskan napas terakhir kala diminta membaca ayat Alquran di acara Haul Almarhumin Keluarga Besar Khofifah Indar Parawansa di Jemursari, Wonocolo, Surabaya, Jawa Timur, pada Senin, 24 April 2017. Di atas panggung, dia membaca beberapa ayat dalam Surat Al-Mulk.

Memasuki ayat ketiga, suara Jakfar terdengar kian lirih. Tangannya yang memegang mikrofon lalu jatuh di permukaan panggung, kepalanya menunduk beberapa detik.

Beberapa saat kemudian tubuhnya miring lalu roboh ke kanan. Mengetahui terjadi hal tidak wajar, petugas medis melarikan Jakfar ke RSI Jemursari. Satu jam kemudian diumumkan dia meninggal dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya