Liburan Berakhir, Waspada Kemacetan Panjang di Tol Pasteur

Ilustrasi-Kepadatan kendaraan di Tol Pasteur Bandung Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA/Fahrul Jayadiputra

VIVA.co.id – Kepadatan kendaraan di ruas tol Pasteur Bandung Jawa Barat membuat kemacetan hingga 3 kilometer, Senin, 24 April 2017.

Rekayasa Lalu Lintas saat Arus Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak

Tingginya volume kendaraan ini sebagai dampak dari arus balik kendaraan meninggalkan Kota Bandung, menjelang berakhirnya masa liburan panjang.

Dari pantauan, arus balik ini sudah memuncak sejak pukul 15.00 WIB. Ribuan kendaraan terlihat memadati dari jembatan layang Pasupati menuju Jalan Dr Djunjunan atau Terusan Pasteur.

Irjen Aan Beri 'Senjata' Baru untuk Anak Buah Urai Kemecetan Mudik Lebaran

Kemacetan ini disebabkan banyaknya kendaraan yang akan masuk Tol Pasteur. Selain itu, di sepanjang jalur ini banyak kendaraan yang terlihat parkir di sejumlah lokasi pusat perbelanjaan, sehingga menambah panjang kemacetan.

Tujuh Ribu Mobil di Puncak
Sementara itu, di Puncak Bogor, antrean kendaraan juga terlihat memadati daerah ini.

Catat! Ini Jam Macet di Jakarta saat Puasa Ramadhan

Meski begitu, menurut Kasat Lantas Polres Bogor Ajun Komisaris Polisi Hasby Ristama, volume kendaraan ini relatif sedikit dibanding Minggu, 23 April 2017.

"Volume kendaraan dari arah Jakarta menuju puncak sebanyak 7 ribu kendaraan. Sedangkan, sehari sebelumnya mencapai 13 ribu kendaraan," ujarnya.

Sejauh ini, untuk mengantisipasi kemungkinan kemacetan saat arus balik, Hasby menyebutkan, petugas telah melakukan sistem satu arah dari arah Puncak ke Jakarta.

"Saat one way arus balik, lebih panjang dari hari biasa, karena melihat volume kendaraan dari arah Puncak menuju Jakarta," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya