11 Pendaki Gunung Prau Tersambar Petir, 3 Tewas, Satu Kritis

Gunung Prau
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dwi Royanto (Semarang)

VIVA.co.id – Sebanyak 11 pendaki asal Jakarta tersambar petir di sekitar puncak Gunung Prau, Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Minggu, 23 April 2017. Tiga pendaki meninggal dunia, satu kritis dan tujuh mengalami luka-luka dan menjalan perawatan di RSU Wonosobo.

Gunung Prau, Si Cantik yang Tak Pernah Ingkar Janji

Disampaikan petugas piket RSU Wonosobo, Eri Wardani, seluruh korban masuk rumah sakit pada Minggu petang kemarin. Korban mengalami luka bakar pada bagian tubuh.

"Ada 11 pendaki, meninggal tiga orang," kata Eri kepada VIVA.co.id, Senin 24 April 2017.

Gunung Prau Ditutup, Pendaki Diminta Berlibur ke Dieng

Ditambahkan Eri, ketiga korban meninggal sudah dibawa ke Depok dan Jakarta menggunakan ambulans RSU Wonosobo. Sementara satu korban kritis dan tujuh korban lain masih menjalani perawatan.
 
"Dibawa dengan ambulans RSU, ketiga korban dibawa pada 12.30 malam. Menurut informasi, korban sudah tiba di rumah keluarganya," katanya.

Gunung Prau di kawasan dataran tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, memang menjadi magnet baru bagi para pendaki, khususnya mereka yang pemula.

Rumah Pendaki yang Tersambar Petir Diselimuti Duka

Sebelumnya, Gunung Prau menutup aktivitas pendakian selama tiga bulan lamanya. Reboisasi gunung dilakukan sejak bulan Januari. Para pendaki yang hendak berpartisipasi pada Januari-Maret lalu diperbolehkan naik gunung, namun dengan syarat menanam pohon di area puncak gunung.

Gunung dengan ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut itu menjadi favorit pendaki karena ketinggian dan alamnya dianggap sangat bersahabat dengan pendaki. Khususnya bagi pendaki pemula.

Selain memiliki pemandangan alam yang eksotik bak di kawasan atas awan, gunung ini memiliki hamparan puncak yang luas. Saat hari libur, seperti pergantian tahun maupun kemerdekaan RI, gunung itu selalu dipenuhi ribuan orang dengan tenda di atas puncak.

Seiring dengan program pemerintah menjadikan kawasan Dieng menjadi salah satu dari empat paket wisata dunia, Gunung Prau kini menjadi pilihan wisata selain candi Borobudur, Karimunjawa, dan Sangiran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya