Garut Diguncang Gempa, Warga Panik Berhamburan Keluar Rumah

Ilustrasi/Seismograf merekam getaran gempa.
Sumber :
  • Antara/ Rudi Mulya

VIVA.co.id – Gempa bumi mengguncang Garut Jawa Barat. Berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, gempa terjadi sekira pukul 01.01 WIB, dengan kekuatan 5,4 skala richter.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Gempa ini juga membuat kaget warga Garut. Secara spontan banyak warga berhamburan keluar rumah sambil berteriak memberitahukan warga lainnya.

Dikdik Hendrajaya, warga Kecamatan Tarogong Kidul, Garut mengaku, semula mengira gempa tak akan berlangsung lama. Suara getaran kaca dan beberapa bingkai foto di atas meja mulai jatuh, dia dan keluarga segera keluar rumah. "Gempanya sangat terasa dan cukup lama, " ujarnya, Senin 24 April 2017.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Menurut Dikdik, gempa diperkirakan berlangsung sekira 20 detik. "Ya, sekira segitu,  20 detik, " ungkapnya.

Sementara Asri Naya, warga lainnya juga merasakan gempa cukup kencang, tempat tidur dan lampu gantung terlihat bergoyang-goyang. Seisi penghuni rumah langsung berhamburan keluar rumah. "Kami sudah pada tidur, sampai terbangun akibat gempa," katanya.

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI yang jadi Korban Gempa 7,4 SR di Taiwan

Sementara berdasarkan informasi dari BMKG, pusat gempa berada 58 kilometer Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, di kedalaman 13 kilometer.
 

Bangunan rubuh di Taiwan usai dilanda gempa

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Tim penyelamat Taiwan mencari 18 orang yang masih hilang pada Jumat, 5 April pasca gempa bumi yang terjadi pada Rabu lalu.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024