Harga Umrah Bisa Murah, First Travel: Rahasia Dapur

Kantor Biro Perjalanan Umrah First Travel di kawasan Radar Auri, Depok.
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA.co.id – Perusahaan travel perjalanan umrah, First Travel beberapa pekan belakangan hangat diperbincangkan karena menunda pemberangkatan ratusan jemaah umrah ke Tanah Suci.

Datangi Kejari Depok, Korban First Travel Minta Aset Segera Dikembalikan

First Travel memang selama ini dikenal dengan perusahaan travel umrah yang murah. Hal itu menjadi minat masyarakat Indonesia yang bermimpi berangkat ke Baitullah.

Direktur Utama First Travel, Andika Surachman tak mengungkap secara gamblang sistem perhitungan yang menjadi dasar bagi mereka menetapkan harga murah mulai sekitar Rp14 juta.

Pengacara Sebut Ada Aset Bos First Travel yang Raib

"Sekarang saya rasa hampir semua travel sudah menerapkan itu (promo harga murah)," kata Andika di sela-sela jumpa pers di Jakarta, Sabtu 22 April 2017.

Dia tak menampik pernah beberapa kali disinggung oleh Kementerian Agama lantaran mematok harga yang dinilai tidak masuk akal untuk biaya berangkat umrah. Namun seiringnya waktu, perusahaan travel umrah lainnya melakukan hal serupa.

First Travel Salahkan Negara karena Gagal Tunaikan Tuntutan Jemaah

"Memang Departemen Agama pernah mengatakan harga di bawah Rp20 juta tidak rasional tapi buktinya sekarang hampir semua mengeluarkan harga yang sama dengan kita termasuk travel-travel besar," ujarnya.

Senada, Wakil Direktur Utama First Travel, Anniesa Hasibuan tak bersedia membeberkan sistem perhitungan perusahaannya dalam menetapkan harga murah berangkat umrah.

"Itu rahasia dapur. Kami rasa semua juga seperti kami (tetapkan harga murah)," katanya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya