Ridwan Kamil Berharap Pilgub Jabar Sukses Tanpa Bullying

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA.co.id – Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan, tradisi kampanye hitam, atau black campaign dan saling mem-buly, baik antarcalon, harus hilang di Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

Ridwan Kamil Setop PSBB di Jawa Barat, Kecuali Bodebek

Menurutnya, ia mempunyai syarat dalam kesiapannya maju di Pilgub Jawa Barat, yaitu dalam kompetisi, dia ingin menuntaskan kompetisi dengan akhlak yang baik.

"Jangan bully-bully-an, jangan black campaign. Menang dengan gagasan, jangan nginjek kepala orang. Menang dengan ilmu, jangan jarambah," ujar Ridwan Kamil di Bandung Jawa Barat, Jumat 21 April 2018.

Ridwan Kamil Tawarkan Proyek Investasi di Jabar Rp700 Triliun

Menurutnya, jika dinamika politik tersebut masih dijadikan manuver para calon dan partai, perkembangan demokrasi di Jawa Barat, mengalami kemunduran. "Kalau masih seperti Pilkada Jakarta, peradaban demokrasi Indonesia belum naik kelas," katanya.

Bahkan, jika pertarungan politik terjadi dengan menjunjung tinggi cara tersebut, artinya demokrasi di masyarakat mengalami kemunduran.

Masa AKB di Jabar, Warga Jakarta Dilarang Wisata ke Puncak Bogor

Dia menambahkan, konstentasi Pilgub Jawa Barat 2018, diharapkan berjalan tanpa menggunakan cara-cara yang memecah belah.

"Demokrasi Indonesia naik kelas. Jangan dengan cara yang memecah belah, jangan panas, jangan tebarkan kebencian," katanya. (asp)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai berkeliling mengendarai bus di Taman Safari Indonesia, Bogor, Jumat, 26 Juni 2020.

Ridwan Kamil: Covid-19 Penyakit Orang Kota

Destinasi wisata di Jawa Barat tidak menerima wisatawan luar.

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2020