Warga Mentawai Mulai Terlatih Evakuasi Mandiri saat Gempa

Peta lokasi pusat gempa tektonik berkekuatan 5.3 skala richter di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada Jumat siang, 21 April 2017.
Sumber :
  • BMKG

VIVA.co.id - Warga Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, mulai terlatih mengevakuasi mandiri saat terjadi gempa. Begitu juga mereka mengevakuasi diri saat gempa bumi berkekuatan 5,3 skala richter mengguncang wilayah kepulauan itu pada Jumat siang, 21 April 2017.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Menurut Koordinator Kantor SAR Mentawai, Hendri, saat gempa, sebagian warga melakukan evakuasi mandiri dengan keluar rumah bangunan lain ke tempat yang lebih aman. Evakuasi mandiri seperti ini selalu dilakukan warga Mentawai ketika ada gempa, terutama yang dirasakan cukup kuat.

"Warga sempat melakukan evakuasi mandiri, sebagai bentuk antisipasi. Ini selalu dilakukan warga Mentawai apabila terjadi gempa," kata Hendri saat dihubungi pada Jumat siang.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Tim gabungan yang terdiri Kantor SAR Mentawai, BPBD, Dinkes dan Polres sudah melakukan pendataan di 10 kecamatan dan 41 desa di sana. Sejauh ini belum ditemukan kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa itu. Namun tim masih memantau dan mencari informasi lebih lengkap.

Untuk antisipasi kemungkinan gempa susulan, tim gabungan mengimbau warga agar tetap waspada. Jika terjadi gempa susulan dengan getaran yang kuat, segera mengevakuasi mandiri menuju tempat yang lebih aman, dan mengikuti arahan petugas.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,3 skala richter mengguncang sebagian wilayah Sumatera Barat pada Jumat siang. Gempa dipicu aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia dengan hiposenter yang terletak di zona megathrust.

Berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), getaran gempa berkekuatan M5,1 dengan episenter terletak pada koordinat 2,12 lintang selatan dan 99,61 bujur timur. Lokasinya di daratan Pulau Sipora, Kepulauan Mentawai, pada kedalaman hiposenter 42 kilometer. Gempa dirasakan cukup kuat, terutama di wilayah Kepulauan Mentawai.

Gelombang tinggi laut terjang pesisir pantai (foto ilustrasi)

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 20 hingga 21 A

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024