TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Selamat Hari Kartini untuk Perempuan se Indonesia

Hari Kartini diperingati setiap tanggal 21 April
Selamat Hari Kartini untuk Perempuan se Indonesia
Ilustrasi/Peringatan Hari Kartini (VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar)

VIVA.co.id – Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan Indonesia. Ucapan ini mengalir di linimassa Twitter dan sejumlah jejaring sosial lainnya.

Beragam komentar disematkan untuk momen yang sudah ditetapkan sebagai Peringatan Hari Kartini ini pada Kamis, 21 April 2017.

Bagaimana sambutan netizen soal Hari Kartini ini? Berikut sejumlah ucapan Selamat Hari Kartini yang bermunculan di linimassa Twitter.

Hari Kartini, ditetapkan sesuai dengan tanggal lahir Raden Adjeng Kartini yakni, 21 April 1879. Perempuan asli Jawa yang meninggal dalam usia muda 25 tahun ini dinobatkan sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi pada saat itu.

Mengutip dari berbagai pranala, Kartini diketahui sempat mencicipi pendidikan ELS (Europese Lagere School) hingga usia 12 tahun. Berkat itu, ia pun mahir berbahasa Belanda.

Namun, setelah 12 tahun, ia pun dipingit dan tidak boleh meninggalkan rumah. Sejak saat itu Kartini pun berkorepondensi dengan temannya asal Belanda.

Ia juga dikenal rajin mengkonsumsi sejumlah media asing dan menuliskan pendapatnya di beberapa media. Dari itu bisa dilihat Kartini memang berminat dalam sejumlah masalah sosial. Terutama perjuangan perempuan untuk memperoleh kekebasan, otonomi dan persamaan hukum.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP