Selamat Hari Kartini untuk Perempuan se Indonesia

Ilustrasi/Peringatan Hari Kartini
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan Indonesia. Ucapan ini mengalir di linimassa Twitter dan sejumlah jejaring sosial lainnya.

Ini Alasan Megawati Usung Ganjar Capres PDIP Tepat di Hari Kartini

Beragam komentar disematkan untuk momen yang sudah ditetapkan sebagai Peringatan Hari Kartini ini pada Kamis, 21 April 2017.

Bagaimana sambutan netizen soal Hari Kartini ini? Berikut sejumlah ucapan Selamat Hari Kartini yang bermunculan di linimassa Twitter.

Ciptakan Dunia Kerja yang Inklusif Bagi Para Srikandi DJKI
Agar Mudah Gapai Impian, Perempuan Wajib Miliki 3 Hal Ini

Hari Kartini, ditetapkan sesuai dengan tanggal lahir Raden Adjeng Kartini yakni, 21 April 1879. Perempuan asli Jawa yang meninggal dalam usia muda 25 tahun ini dinobatkan sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi pada saat itu.

Mengutip dari berbagai pranala, Kartini diketahui sempat mencicipi pendidikan ELS (Europese Lagere School) hingga usia 12 tahun. Berkat itu, ia pun mahir berbahasa Belanda.

Namun, setelah 12 tahun, ia pun dipingit dan tidak boleh meninggalkan rumah. Sejak saat itu Kartini pun berkorepondensi dengan temannya asal Belanda.

Ia juga dikenal rajin mengkonsumsi sejumlah media asing dan menuliskan pendapatnya di beberapa media. Dari itu bisa dilihat Kartini memang berminat dalam sejumlah masalah sosial. Terutama perjuangan perempuan untuk memperoleh kekebasan, otonomi dan persamaan hukum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya