Tepis Persepsi Buruk, BNN Gencar Musnahkan Narkoba

Pemusnahan sabu, ganja dan ekstasi di kantor Badan Narkotika Nasional beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eka Permadi

VIVA.co.id – Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan belasan kilogram narkoba jenis sabu yang diselundupkan dari Malaysia. Dimusnahkan juga ekstasi dan heroin yang diselundupkan dari Belanda serta ganja dari Aceh.

Polda Riau Bongkar Penyelundupan Sabu 35 Kg dari Malaysia

"Pemusnahan ini yang keempat kalinya tahun ini. Pemusnahan ini sesuai amanat undang undang dan menjadi kewajiban BNN," kata Deputi Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari di Gedung BNN, Jakarta, Kamis 20 April 2017.

Arman mengatakan, pemusnahan barang bukti narkoba secara berkala untuk menghindari kecurigaan dari masyarakat. Dia menilai, ada persepsi di masyarakat bahwa barang bukti yang sudah disita kepolisian diduga diperjualbelikan kembali.

Mantan Tentara GAM Bos Ganja Jaringan Aceh-Jakarta Tewas Didor

"Pemusnahan ini untuk hindari kecurigaan akan adanya penyimpanan barang bukti ke luar dan adanya kebocoran hingga bisa keluar," tuturnya.

Barang bukti yang dimusnahkan dengan cara dibakar di dalam mesin adalah narkoba jenis sabu seberat lebih dari 11 kilogram, 4,6 gram heroin, 167 butir ekstasi, dan 3,6 kilogram ganja.

BNN Bekuk Komplotan Penyelundup Ganja 1,5 Ton dari Aceh

"Barang bukti ini semua sudah diperiksa melalui uji laboratorium. Hasilnya positif," kata dia.

Pemusnahan ini dilakukan bersama dengan Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, perwakilan dari Kementerian Kesehatan, perwakilan dari BPOM, organisasi gerakan antinarkoba, tokoh masyarakat, dan enam orang tersangka yang membawa narkoba yang dimusnahkan tersebut.

Terdakwa Aktor Senior Tio Pakusadewo (tengah)

Tio Pakusadewo Ditangkap, Apa Bahaya Sabu untuk Tubuh?

Tio Pakusadewo lagi-lagi tersandung kasus narkoba.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2020