Hujan Es Berukuran Kelereng Menerjang Bandung

Hujan deras di Kota Bandung.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Suparman (Bandung)

VIVA.co.id – Hujan es disertakan angin kencang melanda Kota Bandung Jawa Barat, Rabu, 19 April 2017. Akibatnya, pohon berukuran besar hingga tiang reklame ambruk karena tak kuasa menahan terjangan angin kencang.

Sekda Ema Sumarna Mengundurkan Diri Usai Jadi Tersangka Suap Bandung Smart City

Prakirawan Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, Neneng Sugianto, menjelaskan hujan es terjadi di beberapa wilayah di Kota Bandung sekitar pukul 14:00 WIB.

"Laporan yang masuk ke BMKG memang ada hujan es di sekitar Lapangan Gasibu, Sabuga, Dago, Jalan Suci, dan Cihampelas," ujar Neneng, Rabu 19 April 2017.

Anggota Dishub Ditampol Mangkuk Bubur Ayam Usai Negur Parkir Sembarangan

Menurut Neneng, volume hujan es yang turun ke pemukiman masyarakat juga bervariasi. Mulai dari seukuruan pasir hingga kelereng, sehingga menimbulkan suara kencang dan rasa sakit jika mengenai anggota tubuh.

"Hujan es terjadi akibat proses kondensasi yang terlewat dingin. Hingga mencapai titik freezing level. Dengan suhu minus 44 derajat celcius sehingga terbentuk butiran es. Jadi begitu turun ke bawah masih berupa butiran es," ujarnya.

Ketua KPPS di Bandung Meninggal Dunia

BMKG memastikan, cuaca ekstrim hujan deras disertai angin kencang terjadi merata di seluruh wilayah di Kota Bandung. Bahkan, pihaknya memprediksi hujan disertai angin masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan.

"Kalau hujan, dua tiga hari ke depan diprediksi hujan ringan hingga sedang dan angin kencang masih akan terjadi," terangnya.

Kepadatan arus lalu lintas kendaraan di daerah wisata Lembang, Bandung Barat

Kawasan Lembang Padat Merayap, Antrean Kendaraan Mengekor hingga Kota Bandung

Kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, dipadati wisatawan pada Sabtu, 13 April 2024, atau H+3 Lebaran 2024.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024