TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Pemerintah Diharap Mengayomi dan Memfasilitasi Difabel

Kaum difabel merupakan bagian tak terpisahkan dari rakyat Indonesia.
Pemerintah Diharap Mengayomi dan Memfasilitasi Difabel
Pemukulan gong dan pemotongan pita bunga oleh Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon

VIVA.co.id – Pemukulan gong dan pemotongan pita bunga oleh Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon didampingi Wakil Ketua Agus Hermanto sebagai tanda pembukaan acara Disabilitas Expo 2017. Acara ini  sebagai peringatan satu tahun Undang-Undang Penyandang Disabilitas dengan tajuk 'Berkarya untuk Bangsa'.

Dalam kesempatan itu, Fadli berharap kepada pemerintah agar mengayomi dan memberikan fasilitas kepada kaum difabel, sehingga ke depan bisa hidup lebih mandiri.

"Semua yang diamanatkan undang-undang dapat dilaksanakan, mengayomi memberikan fasilitas kepada kaum disabilitas untuk dapat lebih mandiri ke depan. Dan juga harus diterima sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari rakyat kita," ujar Fadli di Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 17 April 2017.

Pemerintah Diharap Mengayomi dan Memfasilitasi Difabel

Dia menyampaikan kaum difabel merupakan bagian tak terpisahkan dari rakyat Indonesia, yang harus mendapatkan dukungan fasilitas. Fadli juga mengharapkan para difabel bisa lebih mandiri, dengan dukungan fasilitas publik yang berpihak pada mereka. Dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2017 tentang Penyandang Disabilitas, para difabel berhak mendapat fasilitas untuk mempermudah kegiatannya di tempat umum. "Termasuk hal-hal yang bersifat teknis, akses seperti tangga," ujar Fadli.

Kegiatan ini, kata Fadli, dalam rangka mensosialisasikan Undang-Undang tersebut, juga sebagai dorongan pada pelaksanaan amanat Undang-Undang. Sehingga para penyandang disabilitas bisa lebih jauh mengekspresikan dirinya dari berbagai latar belakang profesi.

"Dari disabilitas expo ini kita bisa menunjukkan, bahwa rekan-rekan para penyandang disabilitas bisa berkreasi sama dengan yang lain. DPR ini adalah rumah rakyat, bisa dipakai kegiatan semua pihak termasuk para difabel," kata Fadli.

Fadli berharap kegiatan ini menjadi satu langkah, dan setiap tahun bisa diselenggarakan, sebagai wujud dan komitmen DPR mendukung disabilitas, difabel merupakan bagian tidak terpisahkan dari rakyat Indonesia.

"Dengan disabilitas expo, DPR sangat mendukung kegiatan ini, sekaligus mempromosikan karya-karya mereka. Banyak karya dari difabel kualitasnya bagus, dan perlu mendapat kesempatan untuk berpameran dan diperkenalkan kepada publik," kata Fadli. (webtorial)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP