TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Novel Baswedan Butuh Donor Kornea

Pertumbuhan sel bagian kornea Novel belum terlihat.
Novel Baswedan Butuh Donor Kornea
Novel Baswedan saat dirujuk ke rumah sakit khusus mata di Jakarta (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

VIVA.co.id – Tim dokter rumah sakit di Singapura terus memantau kondisi kesehatan mata penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan. Khususnya pada bagian kornea mata yang terkena siraman air keras beberapa waktu lalu.

Dalam sepekan ke depan, tim dokter akan mengevaluasi dan memutuskan perlu atau tidaknya melakukan tindakan medis terhadap mata Novel.

"Dalam seminggu ini tim dokter akan melihat dan diikuti perkembangan pertumbuhan selaput kornea bagian hitam, setiap hari diamati, operasi kornea bagian hitam belum diputuskan, dilihat seminggu ini dulu," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di kantornya, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin, 17 April 2017.

Jika dokter memutuskan operasi, Novel membutuhkan donor kornea. Donor tersebut, kata Febri, dapat berasal dari pihak keluarga ataupun pihak lain.

"Jika operasi dilakukan nanti kemungkinan pakai donor kornea dari keluarga, pihak lain, termasuk menggunakan artificial operation," ujarnya.

Meski demikian, Febri berharap tim dokter memutuskan tidak melakukan tindakan medis besar terhadap Novel. Sejauh ini, tim dokter menyampaikan kondisi Novel telah membaik dibandingkan saat dibawa ke rumah sakit di Singapura pada Rabu 12 April lalu.

Dikatakan Febri, tekanan mata kiri maupun kanan telah berangsur normal. Perusakan sel akibat air keras sudah berhenti, sementara di sisi lain sel jaringan bagian selaput mata pun telah tumbuh.

"Perkembangan jaringan selaput mata di bagian putih nya sudah terlihat, meskipun lamban. Karena pertumbuhan terjadi, dokter menyimpulkan selaput mata bagian putih tidak perlu operasi. Tetapi, bagian kornea belum ada pertumbuhan saat ini. Kami berharap sel jaringan bagian (kornea) ini mengalami pertumbuhan juga," ujarnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP