Menag Minta Jangan Tergoda Tawaran Haji Murah

Pemberangkataan jamaah haji Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, indeks kepuasan peserta haji saat ini selalu mengalami peningkatan dalam setiap tahun.

PPP: Kemenag Kurang Konsultasi Publik Soal Daftar Mubaliq

Di tahun 2014, indeks kepuasan peserta haji berada di angka 81,57 persen. Sementara di 2015 naik 82,67 persen dan di 2016 kembali naik 83,83 persen.

"Kuota untuk haji kita bertambah menjadi 52.200 orang. Tentu semakin banyak kuota ditambah, kita berupaya memperbaiki kualitas pelayanan dan alhamdulillah indeks kepuasan meningkat," kata Lukman Hakim, saat berada di Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, Jumat 14 April 2017. 

Menag: Kemenag Itu Ibarat Kapal Tanker

Namun Lukman mengaku pihaknya akan tetap memperbaiki pelayanan walaupun kepuasan masyarakat sudah terpenuhi. Di sisi lain, masyarakat juga diimbau untuk tidak mendaftar haji melalui agen travel tak resmi hingga dapat menimbulkan masalah.

 "Penyelenggara haji resmi itu ada dua. Pertama pemerintah untuk haji reguler dan haji plus melalui agen travel resmi. Untuk melihat agen travel resmi atau tidak, bisa dicek di website kementerian agama," ujar Lukman.

Jarang Publikasi Kinerja, Menag Takut Dibilang Riya

Selain itu, tawaran haji murah sering digunakan para agen travel penyelenggara haji abal-abal untuk menjerat para calon jemaah. Sehingga, ke depan tingkat sosialisasi ke masyarakat akan lebih diperketat. Terutama menjelang pelaksanaan keberangkatan haji.

"Jangan tergoda biaya haji murah. Kalau murah itu pasti bermasalah. Apalagi memakai paspor warga negara asing. Bisa membuat kita kehilangan warga negara. Kalau mau berangkat haji, harus pakai agen resmi," tutur Lukman. (one)

Kabah di Mekah, Arab Saudi.

Kemenag Sebut Ada 1.948 Jemaah Batal Berangkat Umrah

Jemaah umrah yang dijadwalkan berangkat pada Kamis 4.448 orang.

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2020