Balasan Mengejutkan Gubernur NTB Usai Dicaci Maki di Bandara

Muhammad Zainul Majdi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Muhammad Zainul Majdi, atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) mendapat perlakuan tak menyenangkan saat berada di Bandara Changi, Singapura, pada Minggu 9 April 2017 lalu. Ia mendapat caci maki justru oleh orang Indonesia. Tapi, balasan mengejutkan diberikan Sang Gubernur.

Delapan Copet di WSBK Mandalika Divonis Satu Tahun Penjara

Diketahui sebelumnya, Tuan Guru Bajang mendapat hinaan dan kata-kata kasar dari seorang pengusaha muda keturunan Tionghoa, Steven Hadisurya Sulistyo, saat tengah mengantre di Bandara Changi. Tak hanya menyebutnya sebagai pribumi, Steven juga melontarkan kata-kata tak pantas seperti Tiko (tikus kotor).

Kontan hal ini membuat banyak masyarakat di NTB meradang. Namun Sang Gubernur membuktikan gelar Tuan Guru Bajang (gelar bagi orang yang pemahaman agamanya lebih daripada manusia pada umumnya) yang telah disandangnya. Alih-alih marah besar, Gubernur NTB ini justru telah memaafkan tindakan Steven.

Remaja 17 Tahun di Bima NTB Diperkosa Saat Pulang BAB di Sungai

Hal itu juga dibenarkan Yusron Hadi, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Pemprov NTB, saat dihubungi VIVA.co.id.  Yusron mengatakan permintaan maaf Steven yang disampaikan melalui sebuah surat kabar nasional dianggap telah menyelesaikan masalah antara Sang Gubernur dengan Steven.

"Pak Gubernur selain tokoh masyarakat juga tokoh agama. Makanya setelah habis salat Jumat tadi ia menyampaikan pesan kepada masyarakat NTB untuk tetap tenang dan tidak terpancing. Ia berpesan jangan sampai dengan adanya masalah ini justru mengambil sikap yang tidak baik," kata Yusron kepada VIVA.co.id, Jumat 14 April 2017.

Pengantin Pria Tak Hadiri Akad Nikah, Warga di Dompu NTB Blokir Jalan

Yusron menambahkan, masalah ini telah dianggap Sang Gubernur selesai dan tak perlu lagi dibesar-besarkan. TGB juga berharap isu SARA seperti yang dialaminya tak kembali terjadi yang tentu saja justru berpotensi merusak persatuan. (one)

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah menyerahkan tanah dan air ke Presiden Jokowi

Makna Air Narmada dan Tanah Tambora yang Dibawa Gubernur NTB ke IKN

Gubernur dari seluruh provinsi di Indonesia mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan membawa tanah dan air dari masing-masing daerah.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022