Jembatan Jonggol Putus, Alat Berat Dikerahkan

Gubernur Jawa Barat sekaligus Ketua Umum PB PON Ahmad Heryawan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi/aww/16.

VIVA.co.id – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, memastikan akses Jonggol - Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sementara terhubung dengan jembatan bailey atau jembatan rangka baja ringan yang dapat dipindah-pindah. 

Ribuan Rumah Terendam, 4 Jembatan Putus dan 1 Orang Hilang Akibat Banjir di Sumsel

Akses kawasan tersebut terputus disebabkan jembatan Cipamingkis di Jalan Raya Jonggol Kampung Jagaita RT 03/02 Desa Jonggol Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor amblas pada Kamis 13 April 2017 pukul 23.00 WIB. 

"Karena yang paling penting itu adalah pergerakan manusia dan barang. Paling segera bisa kita lakukan memasang jembatan bailey," ujar Ahmad Heryawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat 14 April 2017.

Selain Banyuwangi, Banjir Trenggalek Juga Bikin Jembatan Ambruk dan Longsor

Mengingat jembatan tersebut merupakan akses penghubung vital, petugas Dinas Binamarga berada di lapangan membangun jembatan bailey dengan menggerakkan alat berat memperbaiki jembatan.

Dia menambahkan, jembatan tersebut merupakan aset Provinsi yang dibangun sejak 1980. "Kita segera perbaiki. Jembatan itu sudah berusia 37 tahun. Untuk penyebab nanti kita lihat," terangnya.

Jembatan Gantung Putus, Belasan Siswa SD di Jambi Jatuh ke Sungai

Amblasnya jembatan tersebut diduga disebabkan arus sungai deras yang mengikis salah satu tiang penyangga jembatan bagian tengah yang berakibat menimbulkan pergeseran pada tiang penyangga.

Akibatnya, tiang penyangga jembatan patah pada sambungan bagian tengah patah. Bahkan, akibat pergeseran, jembatan menjadi menggantung dan berbahaya jika dilalui kendaraan roda dua termasuk pejalan kaki.

"Pokoknya kita lihat, kita akan evaluasi. Sekarang yang penting bagaimana pergerakan masyarakat tidak terganggu," katanya. (one)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya