26 Jam Terjebak Longsor, 13 Penambang Berhasil Diselamatkan

Aparat menyelamatkan penambang yang terjebak longsor di Mihanasa, Sulawesi Utara
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agustinus Hari (Manado)

VIVA.co.id – Sejumlah 13 penambang asal Tasikmalaya, Jawa Barat, yang terjebak tanah longsor dalam lubang pertambangan emas rakyat di Desa Tatelu, Kecamatan Dimembe, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, berhasil diselamatkan. Mereka terjebak sekitar  26 jam dalam lubang berkedalaman 80 meter (bukan 42 meter), sejak Kamis, 13 April 2017, pukul 08.00 Wita.

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

“Para korban telah berhasil dievakuasi. Dan semuanya selamat," kata Kepala Kantor Basarnas Manado, Budi Cahyadi, Jumat, 14 April 2017.

Tim penyelamat yang terdiri dari polisi, TNI, penambang dan Basarnas melakukan proses penyelamatan sejak Kamis, 13 April 2017, pukul 16.00 Wita. “Artinya setelah 17 jam berjibaku dalam lubang, 13 penambang satu per satu dievakuasi. Tepatnya pukul 09.00 Wita, Jumat 14 April 2017, korban pertama dievakuasi hingga pukul 10.03 Wita,” katanya.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Awalnya, batu besar yang menutupi dasar lubang masuk vertikal sulit disingkirkan. Para penambang diketahui terjebak di lubang horizontal. “Awalnya sangat sulit dan diluar dugaan, mengingat ukuran lubang yang hanya 1,5 x 1,5 meter. Penyelamat harus bergantian untuk masuk," ujarnya. 

Batu besar penghalang lantas bisa ditangani dengan cara mengikatnya dengan tali dan merapatkan ke dinding lubang. Lubang alternatif kemudian dibuat dengan menggali di dinding lubang masuk vertikal. "Yang turun ke dalam lubang adalah rekan-rekan penambang yang lebih tahu kondisi lubang,” ujar Budi. 

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

Terlihat para sahabat korban dan sesama penambang menyambut haru keberhasilan proses evakuasi. Isak tangis pun pecah. “Puji Tuhan, semua dalam keadaan selamat,” kata sahabat para penambang dengan mata berkaca-kaca. (mus)
 

Ilustrasi longsor

Viral Detik-detik Pria Selamat dari Timbunan Tanah Longsor, Telat Sedikit Nyawa Tak Tertolong

Tanah longsor yang terjadi tersebut kemudian terlihat merobohkan lereng, menghancurkan segala sesuatu yang dilaluinya termasuk pepohonan hingga ruas jalan yang baru saja

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024