Talaud Digoncang Tiga Kali Gempa dalam Dua Hari

Ilustrasi gempa.
Sumber :
  • VIVA.co.id/BMKG

VIVA.co.id - Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, digoncang gempa berkekuatan 5 skala richter, dalam dua hari berturut-turut. Terbaru, gempa terjadi pada pukul 01.41 Wita, Rabu 12 April 2017.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Gempa berlokasi di 5.57 lintang utara, 127.21 bujur timur atau 178 kilometer timur laut Kepulauan Talaud dengan kedalaman 86 km.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Utara, mencatat dua gempa sehari sebelumnya, yakni 22.42 Wita dan 18.22 Wita. Masing-masing gempa berkekuatan 5,4 skala richter dan 5,0 skala richter.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Menurut Kepala BPBD Sulawesi Utara, Noldy Liow, meski tiga kali gempa, belum ada laporan kerusakan gedung, atau korban jiwa maupun luka. 

“Meski begitu, warga sempat panik karena gempa terus terjadi tiga kali. Mengingat Kabupaten Talaud merupakan daerah yang sangat rawan bencana, diingatkan warga harus tetap waspada,” ujarnya pada Rabu pagi.

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI yang jadi Korban Gempa 7,4 SR di Taiwan

Selfine Makaninang, warga Talaud, membenarkan gempa yang menguncang daerahnya. “Saya juga baru dengar dari tetangga ada gempa, karena gempa terjadi kami sudah tertidur. Tapi memang, benar ada gempa. Dan, bagi kami itu sudah biasa,” katanya. (asp)

Bangunan rubuh di Taiwan usai dilanda gempa

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Tim penyelamat Taiwan mencari 18 orang yang masih hilang pada Jumat, 5 April pasca gempa bumi yang terjadi pada Rabu lalu.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024