Mengapa Video Kampanye Ahok Dihujat Netizen

Salah satu potongan video #BeragamItuBasukiDjarot yang menjadi materi publikasi 'Ahok' Basuki Tjahaja Purnama untuk persiapan Pilkada DKI 2017 yang dituding melecehkan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Twitter

VIVA.co.id – Sebuah video berdurasi dua menit, yang menjadi materi publikasi pasangan 'Ahok' Basuki Tjahaja Purnama dan Jarot Saiful Hidayat menjelang Pilkada DKI 2017, menuai reaksi tajam dari netizen.

Hasto: Ahok Belum Terdaftar Jadi Kader PDI Perjuangan

Video berjudul #BeragamItuBasukiDjarot, yang juga diunggah di akun twitter milik Ahok sejak 8 April 2017 itu dituding memuat konten yang memuat kebencian terhadap agama, atau etnis tertentu.

Di lini massa twitter, video ini memang menuai ragam komentar. Teruntuk yang diunggah di akun Ahok, video mendapat 5.272 retweet dan 6.241 disukai, serta 1.243 komentar balasan.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

Penelusuran VIVA.co.id, diakui memang mayoritas komentar dari video ini mengecam kemunculan video tersebut. Dominasi penilaian dari netizen adalah bahwa video ini mendiskreditkan umat Islam.

Djarot: Ahok Minta Pendukungnya Tak Golput

Sebabnya, di menit ke 0.08 dari video yang sepertinya mengangkat tema tentang kerusuhan, menampilkan ada sekelompok pemuda berpeci hitam berbaju putih lengkap dengan selempang kain, sedang berteriak-teriak. Sementara itu, latar di belakang kelompok pemuda itu tertulis huruf besar dengan tulisan, Ganyang China.

Berawal dari situlah netizen, kemudian berpendapat bahwa video itu seolah menempatkan umat Islam yang direpresentasikan dari kelompok pemuda itu sebagai pelaku kerusuhan, atau pembenci China.

Komentar netizen pun makin meruncing dengan potongan video yang lain, yang menunjukkan seorang pria yang sepertinya atlet bulutangkis dengan wajah tirus bermata sipit sedang berjuang dalam perlombaan bulu tangkis.

Lalu, seperti apa ragam komentar netizen tersebut? Berikut sejumlah komentar mereka.

Meski begitu, video ini juga tetap disukai oleh sejumlah netizen. Berikut, sejumlah pujian netizen yang menyukai video ini:

Lantas, bagaimana pendapat Anda soal video ini? Kirim komentar Anda ke kami. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya