Terduga Teroris Dibekuk di Juanda Anggota DPRD

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA.co.id – Kepolisian Daerah Jawa Timur membenarkan penangkapan terduga teroris yang dilakukan Datasemen Khusus Antiteror 88 di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur, Sabtu sore, 8 April 2017. Terduga berinisial MNU (44 tahun) itu anggota DPRD Kabupaten Pasuruan.

Bantu Perangi Terorisme di Afrika, Adakah Niat Terselubung Amerika?

"Memang ada salah satu anggota (DPRD) dari Pasuruan kabupaten kita amankan di Bandara Juanda berkaitan dengan yang dituduhkan kepadanya," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim, Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera, di RS Bhayangkara Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu, 9 April 2017.

Beredar informasi bahwa MNU tercatat sebagai anggota DPRD Kabupaten Pasuruan. Namun Barung tidak menanggapi ketika ditanya soal itu. "Yang bersangkutan diperiksa langsung oleh Densus di Polda," ujarnya.

5 Fakta Penangkapan Teroris di Bekasi yang Merupakan Karyawan PT KAI

Diberitakan sebelumnya, tim Densus 88 kembali mengamankan seorang terduga teroris berinisial MNU (44 tahun) di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 8 April 2017. Dia diduga berjejaring dengan tiga terduga teroris yang dibekuk di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, kemarin.

Informasi diperoleh menyebutkan, berdasarkan dokumen paspor yang disita petugas, MNU merupakan pria kelahiran Pasuruan, Jawa Timur. Dia ditangkap di Terminal 2 Bandara Juanda, seturun dari pesawat Air Asia XT 327 tujuan Kuala Lumpur (Malaysia)-Surabaya, yang mendarat sekira pukul 15.21 WIB.

Sempat Baku Tembak, Total 6 Tersangka Teroris Ditangkap Densus 88 di Lampung

MNU memang diintai petugas Densus 88 karena diduga bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS. Begitu menerima informasi bakal terbang ke Surabaya dari Kuala Lumpur, Densus langsung berkoordinasi dengan petugas Imigrasi Bandara Juanda Surabaya agar dilakukan penindakan.

Betul saja, begitu MNU turun dari dalam pesawat dan melewati konter Imigrasi dan pemeriksaan barang, petugas Densus dibantu petugas keamanaan Bandara Juanda langsung membawa terduga ke Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur. Di Polda dia menjalani pemeriksaan sementara.

Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

BNPT: 148 Teroris Ditangkap Sepanjang Tahun 2023, Didominasi JI dan JAD

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan bahwa sebanyak 148 teroris telah berhasil ditangkap sepanjang tahun 2023

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023