Ratusan Warga Tonton Aksi Pesawat Tempur TNI AU

Formasi jet tempur TNI AU.
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Ratusan warga yang tinggal di wilayah dekat Lanud Halim Perdana Kusuma terpantau memadati kawasan lapangan taxiway Halim Perdana Kusuma. Mereka datang untuk melihat peringatan haru ulang tahun Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) ke-71.

Prajurit TNI AD Tewas Dikeroyok di Penjaringan Jakut

Pantauan VIVA.co.id, eatusan warga memadati lapangan yang memang telah disediakan oleh panitia. Lokasi warga ditempatkan tak jauh dari tenda upacara, sehingga warga dapat menyaksikan demo pesawat TNI AU dengan lebih dekat.

Suparmi,47, membawa serta cucu dan anaknya untuk menonton hari perayaan ulang tahun TNI AU tersebut. Ia bersama dua cucunya duduk di lapangan taxiway sembari membawa payung. Ia mengaku senang dapat menyaksikan demo udara setahun sekali ini.

Kodam: Rachel Vennya Dibantu Paskhas TNI AU saat Kabur Karantina

"Ini pertama kali, saya ajak anak dan cucu, senang cucu-cucu bisa lihat pesawat," ujarnya.

Warga lain, juga ada yang datang dan ternyata ikut menonton secara rutin sejak beberapa tahun sebelumnya. Agenda HUT TNI AU menjadi agenda rutin tahunan bagi sebagian warga sekitar Halim.

Gawat, Jenderal Bintang 2 TNI Dipukuli Warga

"Tahun lalu juga nonton, tahun ini kayaknya lebih seru ya, kemarin lihat geladi resiknya," ujar Roni.

Aparat TNI AU sendiri juga sibuk menyiapkan berbagai persiapan acara. Beberapa Helikopter Super Puma terlihat telah ditarik menggunakan kendaraan towing untuk disiapkan terbang formasi dalam acara puncak nanti. Pesawat pesawat akrobatik sendiri juga sedang menjalani pengisian bahan bakar di taxiway Halim Perdanakusuma.

Pesawat yang akan dilibatkan antara lain Sukhoi 27/30, F-16, T-50i, Hawk 109/209, EMB-314, Boeing, C-130 Hercules, CN-295/235/235 MPA, EC-120 B, NAAS 332/ SA -330/C-725, Grob G-120 TP, KT-1 Woong Bee, T-41 Cessna, dan UAV.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya