Menteri Lukman Kagum Umat Islam Indonesia Mandiri

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA.co.id – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan Masjid Raya Baiturrahman yang terletak di Kampung Jawa, Denpasar, Bali. Masjid yang terletak di tengah kota Denpasar itu dibangun dengan dana swadaya masyarakat.

Indeks Kepuasan Haji Meningkat, Menag: Ini Keberhasilan Semua Pihak

"Saya sangat bersyukur karena sebagian besar biaya renovasi masjid ini dari swadaya masyarakat. Ini luar biasa," kata Lukman, Sabtu 8 April 2017.

Tak hanya di Bali, Lukman menyebut sebagian besar masjid di Indonesia dibangun atas dana swadaya masyarakat. Menurutnya, hal itu menunjukkan betapa mandirinya umat Islam di Indonesia.

Menag Minta Santri Jadi Sosok yang Sebarkan Perdamaian

Pada kesempatan itu, Lukman juga menyampaikan terima kasihnya lantaran Pemerintah Kota Denpasar ikut mendukung renovasi pembangunan masjid tua tersebut.

Ia berharap kehadiran masjid ini dapat menjadi pusat penyebaran Islam dengan benih-benih kasih sayang. "Itulah esensi sesungguhnya dari ajaran Islam yang Rahmatan Lil 'Alamin," ujarnya.

Evaluasi Penyelenggaraan Haji 2019, Ini 5 Catatan Menag

Lukman mengungkapkan, tak sekadar menjadi tempat beribadah umat Muslim, kehadiran Masjid Baiturrahman juga harus menjalankan fungsi sosialnya.

"Yang juga tidak kalah pentingnya mampu menjalankan fungsi sosial dari keberadaan masjid itu, sehingga manfaat keberadaan masjid ini bisa dirasakan tidak hanya umat Muslim di sini, tapi juga masyarakat secara luas," tuturnya. (art)

Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin usai diperiksa KPK

Mantan Menag Lukman Hakim Diperiksa Terkait Haji dan Gratifikasi

KPK mengembangkan penyelidikan dugaan gratifikasi Menag

img_title
VIVA.co.id
15 November 2019