TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Polisi Identifikasi Terduga Teroris Tewas di Tuban

Enam terduga teroris di Tuban sempat baku tembak dengan polisi.
Polisi Identifikasi Terduga Teroris Tewas di Tuban
Ilustrasi/Tim Densus 88 Antiteror  (ANTARA/Muhammad Iqbal)

VIVA.co.id – Enam terduga teroris yang dilumpuhkan oleh anggota Polri, TNI, dan Datasemen Khusus Antiteror 88 dalam kontak senjata di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, terjadi sehari setelah penangkapan tiga terduga teroris di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, pada Jumat 7 April 2017.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera mengatakan, ekskalasi situasi dan kondisi keamanan di Jawa Timur meningkat setelah penangkapan tiga terduga teroris di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, kemarin.

"Karena itu, Kapolda Jatim, Bapak Irjen Pol Machfud Arifin, menginstruksikan kepada semua kapolres jajarannya agar meningkatkan kewaspadaan," kata Barung ditemui di Markas Polda Jatim, Surabaya, pada Sabtu, 8 April 2017.

Barung mengaku, belum tahu secara rinci terkait aktivitas enam pelaku yang diduga sebagai teroris, termasuk jaringan mana. Dia juga belum menerima informasi apakah pelaku berhubungan dengan penangkapan terduga teroris di Lamongan. "Bapak kapolda langsung malam ini merilis kasus ini di Tuban," kata dia.

Hingga saat ini, polisi masih mengidentifikasi identitas para pelaku yang tewas saat baku tembak. Kabar diterima, jasad pelaku akan dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk keperluan itu. "Tunggu hasil identifikasi nama-nama pelakunya," ujar Barung.

Diberitakan sebelumnya, sebuah mobil Daihatsu Terios nomor polisi H 9037 BZ diduga membawa benda mencurigakan dihentikan petugas Lalu Lintas Polres Tuban di jalur Tuban-Semarang pada Sabtu pagi, 8 April 2017, sekira pukul 10.00 WIB. 

Pelaku sempat menembaki polisi sebelum lari ke perkebunan menuju arah hutan. Polisi memasangi mobil pelaku dengan garis polisi dan melakukan penggeledahan. Hasilnya, ditemukan sejumlah barang bukti, di antaranya satu kotak kertas berisi amunisi, lima buah telepon genggam, dua buah kitab, satu lembar paspor, dan satu unit handy talky

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP