Jika Tak Diantisipasi, Indonesia Bisa Seperti Suriah

Mantan Ketua Umum Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif.
Sumber :
  • maarifinstitute.org

VIVA.co.id - Mantan Ketua Umum Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif, mengingatkan ancaman perpecahan bangsa Indonesia menyusul perkembangan fenomena saling menghujat akhir-akhir ini. Indonesia bisa mengalami krisis politik dan keamanan, bahkan perang saudara, seperti Suriah.

Di Banten, Habib Luthfi dan BNPT Serukan Pencegahan Paham Radikal

"Kenapa negara besar seperti Indonesia ini bisa terpecah belah. Kalau tidak berhati-hati, Indonesia bisa terjadi seperti di Suriah," kata Syafii saat berbicara dalam sebuah forum seminar di Jakarta pada Sabtu, 8 April 2017. 

Menurut Buya (panggilan akrabnya), kini banyak pihak yang berpura-pura dengan kedok tertentu untuk memukau rakyat miskin. Sikap yang seperti itu dapat merusak suasana kebangsaan dan bernegara.

Radikalisme Tersebar Luas, BNPT: Aksi Terorisme Lone Wolf Meningkat

"Jujur (atau) tidak kita membela bangsa ini? Itu harus datang dari dalam hati dan menggunakan akal sehat. Jangan pakai topenglah, itu sangat merusak," ujarnya.

Dalam menghadapi permasalahan itu, negara tidak bisa diam. Apalagi belakangan kian populer teologi maut atau ajaran yang menganjurkan tindakan yang mengancam nyawa; berani mati tetapi tidak berani hidup.

Pemimpin Baru ISIS 'Sang Penghancur', Terkenal karena Kebrutalannya

Menurut Buya, meski Indonesia masih jauh lebih baik dari Suriah, masyarakat juga harus berhati-hati. Soalnya sebagian yang terlibat dalam perang di Suriah adalah orang Indonesia, yang menganut teologi maut itu.

"Mayoritas ini lebih banyak yang memilih diam. Seharusnya ini dihadapi. Polisi (dan) tentara harus jeli dan punya kepekaan. Nilai luhur Pancasila itulah yang harus dilaksanakan," katanya. (ase)

Mantan narapidana kasus terorisme, Listiyowati mengtakan dirinya sangat mendukung Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk melindungi para perempuan dari ajaran atau kesalah pahaman ideologi radikal.

Mantan Napiter Dukung Upaya BNPT Lindungi Perempuan dari Radikalisme

Mantan narapidana kasus terorisme, Listiyowati mengtakan dirinya sangat mendukung BNPT untuk melindungi para perempuan dari ajaran radikalisme

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024