TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Buya Syafii Ingatkan Pancasila Harus Turun ke Bumi

Indonesia masih bermasalah perlu kerja sama semua pihak.
Buya Syafii Ingatkan Pancasila Harus Turun ke Bumi
Mantan Ketua Umum Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif. (maarifinstitute.org)

VIVA.co.id – Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif, mengungkapkan rakyat Indonesia saat ini masih bergumul dengan berbagai macam permasalahan seperti narkoba dan korupsi. Kondisi ini menurutnya menuntut kerja sama dari berbagai pihak.

Pria yang akrab disapa Buya Syafii ini menyampaikan hal tersebut di Hotel Aryaduta Jakarta, dalam seminar bertema ‘Indonesia di Persimpangan Antara Negara Pancasila vs Negara Agama’, Sabtu, 8 April 2017.

"Sejak merdeka tahun 1945, dasar negara kita itu tidak pernah berubah. Tetapi 70 tahun Indonesia merdeka, kesenjangan sosial ekonomi kita semakin tajam. Rakyat masih bergumul dengan narkoba dan korupsi," kata Syafii. 

Selain pergumulan dan kesenjangan yang dihadapi masyarakat, muncul kelompok-kelompok radikal yang ada di Indonesia seperti ISIS. Bahkan, kata Buya, meskipun Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) tengah membina lebih dari 1.000 kombatan, tetapi cara ini belum efektif. 

"Cara ini tidak akan efektif, kalau Pancasila tidak dibawa turun ke bumi. Selama politikus kita masih pragmatis, maka ini tidak akan berfungsi dengan baik," ujarnya.

Menurutnya, masyarakat dan penegak hukum harus peka terhadap segala pergerakan yang ada. Sebab, tren terorisme yang sekarang tengah merebak harus diselesaikan karena bisa berakibat kepada ketidakberdayaan. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP