TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Longsor, Jalur Wisata ke Kawah Ijen Diberlakukan Buka Tutup

Longsor terjadi di ruas jalan sejauh 20 km
Longsor, Jalur Wisata ke Kawah Ijen Diberlakukan Buka Tutup
Kawah Ijen di Banyuwangi. (ANTARA/Pandu Dewantara)

VIVA.co.id – Akibat curah hujan tinggi, jalur wisata Kawah Ijen Bondowoso, Jawa Timur, longsor. Longsor terjadi di delapan titik.

Akibat kejadian tersebut, jalur Bondowoso-Kawah Ijen terputus. Butuh 6 jam petugas BNPB mengevakuasi material longsor hingga lalu lintas kembali dibuka meskipun masih dalam tahap buka tutup.

Delapan titik yang terkena longsor terjadi di ruas jalan sejauh 20 km hingga mengakibatkan tebing di hutan lindung longsor. Material longsor berupa tanah, pohon dan batu membuat arus lalu lintas dialihkan ke jalur alternatif Banyuwangi. Sementara dari arah Bondowoso berbalik arah.

"Proses evakuasi selama enam jam. Petugas BNPB dibantu warga membersihkan dengan alat seadanya. Saat ini lalu lintas kembali normal walaupun masih harus sistem buka tutup," kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Winarto, Kamis 6 April 2017.

Winarto menambahkan, tidak menutup kemungkinan ada longsor susulan jika hujan terus turun. Pasalnya, tebing mulai miring dan pohon tergantung karena tanah bawahnya longsor.

"Maka itu lalu lintas masih buka tutup karena ditakutkan akan ada longsor susulan," katanya. (one)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP