Longsor, Jalur Wisata ke Kawah Ijen Diberlakukan Buka Tutup

Kawah Ijen di Banyuwangi.
Sumber :
  • ANTARA/Pandu Dewantara

VIVA.co.id – Akibat curah hujan tinggi, jalur wisata Kawah Ijen Bondowoso, Jawa Timur, longsor. Longsor terjadi di delapan titik.

Akibat kejadian tersebut, jalur Bondowoso-Kawah Ijen terputus. Butuh 6 jam petugas BNPB mengevakuasi material longsor hingga lalu lintas kembali dibuka meskipun masih dalam tahap buka tutup.

Fakta-fakta WNA China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen, Rok Tersangkut Pohon saat Foto

Delapan titik yang terkena longsor terjadi di ruas jalan sejauh 20 km hingga mengakibatkan tebing di hutan lindung longsor. Material longsor berupa tanah, pohon dan batu membuat arus lalu lintas dialihkan ke jalur alternatif Banyuwangi. Sementara dari arah Bondowoso berbalik arah.

"Proses evakuasi selama enam jam. Petugas BNPB dibantu warga membersihkan dengan alat seadanya. Saat ini lalu lintas kembali normal walaupun masih harus sistem buka tutup," kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Winarto, Kamis 6 April 2017.

Wisatawan Asal China Tewas Terjatuh Usai Foto di Atas Puncak Kawah Ijen

Winarto menambahkan, tidak menutup kemungkinan ada longsor susulan jika hujan terus turun. Pasalnya, tebing mulai miring dan pohon tergantung karena tanah bawahnya longsor.

"Maka itu lalu lintas masih buka tutup karena ditakutkan akan ada longsor susulan," katanya. (one)

Viral Detik-detik Pria Selamat dari Timbunan Tanah Longsor, Telat Sedikit Nyawa Tak Tertolong
Sandiaga Uno.

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

Terkait dengan insiden yang terjadi pada turis asal China di Ijen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno angkat bicara

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024