TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Longsor Timbun 8 Rumah di Kediri, 39 Warga Diungsikan

Untuk sementara, warga tidak diizinkan pulang ke rumah.
Longsor Timbun 8 Rumah di Kediri, 39 Warga Diungsikan
Ilustrasi longsor (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

VIVA.co.id – Hujan deras selama empat jam menyebabkan bukit setinggi 100 meter di Kabupaten Kediri, Jawa Timur longsor. Longsor yang terjadi di Desa Surat, Kecamatan Mojo ini menyebabkan delapan rumah warga rusak. Material longsor berupa tanah, batu dan pohon besar menjebol dinding, atap serta menimbun perabotan rumah.

Akibat kejadian ini, petugas Kepolisian pun memasang garis polisi untuk menjauhkan warga dari lokasi bencana. Para penghuni langsung diungsikan ke Balai Desa setempat.

Fatimah, salah seorang warga yang rumahnya rusak berat mengatakan, longsor terjadi pada saat dia mencuci piring di dapur.

"Hujan memang terus dari siang. Tiba-tiba waktu lagi cuci piring bukit di belakang rumah merosot dan menimpa rumah saya dan rumah lainnya. Saya langsung lari dan alhamdulilah selamat," kata Fatimah di Kediri, Jawa Timur, Kamis 6 April 2017.

Hingga malam, jumlah warga yang diungsikan ke Balai Desa sebanyak 39 orang yang berasal dari 10 kepala keluarga. Sementara rumah yang terdampak longsor sebanyak 8 unit, enam di antaranya rusak berat.

"Warga saat ini tidak diizinkan kembali ke rumahnya karena dikhawatirkan bakal terjadi longsor susulan karena struktur tanah masih labil dan berlapis," kata Perangkat Desa Surat, Gito Susanto.

Di lokasi pengungsian ini, petugas dari Kepolisian bersama BPBD setempat dan relawan bencana tengah mempersiapkan kebutuhan makanan para pengungsi. Sementara untuk keperluan tidur, umumnya para pengungsi membawa tikar, bantal dan selimut dari rumahnya masing-masing.


Laporan: Yusuf Saputro/ Kediri

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP