Indonesia Segera Bangun Rumah Sakit di Afghanistan

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan dana hingga Rp16 miliar untuk pembangunan rumah sakit Indonesia di Afghanistan. Sebelumnya, pemerintah juga telah membangun pusat islam atau islamic center di Ibukota Afghanistan, Kabul.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

"Mengenai pembangunan rumah sakit Indonesia di Afghanistan akan menelan biaya kurang lebih Rp16 miliar, dan ini akan kita mulai segera tahun ini, setelah Indonesia Islamic Center di Kabul selesai," jelas Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 5 April 2017.

Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa pemerintah Afghanistan berharap Indonesia membantu rekonsiliasi dengan mengirim delegasi Indonesia ke Afghanistan. Hal ini disampaikan usai menggelar pembicaraan bilateral dengan Presiden Afghanistan, Mohammad Ashraf Ghani.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Kemudian terkait pembangunan rumah sakit, menurut Presiden, rumah sakit ini masih bagian dari Indonesia Islamic Center. Dimana telah ada masjid dan lembaga pendidikan yang dibangun sebelumnya. Diharapkan Presiden, tambahan pembangunan tempat kesehatan ini bisa memberi manfaat bagi rakyat Afghanistan.

"Indonesia Islamic Center memiliki visi mendorong penyebaran Islam yang Rahmatan Lil Alamin," kata Jokowi.
Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit
 
Dengan rampungnya kompleks Indonesia Islamic Center ini, diperkirakan bisa menampung jamaah hingga 2.200 orang. 
 
Perhatian Indonesia terhadap Afghanistan ini, tidak terlepas dari sejarah kedua negara. Dimana, Afghanistan adalah salah satu negara yang pertama kali mengakui kedaulatan Indonesia. Serta mitra Indonesia dalam mensukseskan Konferensi Asia Afrika.
 
"Afghanistan adalah salah satu negara yang mengakui kedaulatan Republik Indonesia dan kedua negara berperan aktif mensukseskan Konferensi Asia Afrika tahun 1955. Dan hubungan Indonesia-Afghanistan telah berjalan baik dan bersahabat selama 62 tahun," katanya.
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya