Ridwan Kamil Mantap Maju Gubernur Jabar Sepulang Umrah

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA.co.id - Ridwan Kamil menyatakan kian mantap dan siap seratus persen mencalonkan gubernur Jawa Barat pada pilkada provinsi itu tahun 2018.

Anggota DPR dari Nasdem Dilaporkan ke MKD

Wali Kota Bandung itu berterus terang berketetapan hati maju dalam Pilkada Jawa Barat setelah beribadah umrah di Arab Saudi pada pekan lalu. Dia juga telah menyiapkan mental untuk apa pun risikonya kelak.

"Jika ada takdirnya, saya akan ikhtiar menjemputnya (jabatan Gubernur Jawa Barat). Tidak jadi pun saya siap mentalnya. Yang penting, di mana pun kita diberi panggung kehidupan, jadilah manusia terbaik," katanya kepada wartawan ketika ditemui di Pendapa Kota Bandung pada Rabu, 5 April 2017.

Ridwan Kamil: Covid-19 Penyakit Orang Kota

Wali Kota yang akrab disapa Emil itu tak memungkiri bakal banyak halangan menuju pencalonannya sebagai Gubernur Jawa Barat. Lagi pula, tahapan Pilkada Jawa Barat belum dimulai dan masih terlalu banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Bahkan pendaftaran pun belum dibuka.

Emil merasa mesti bersikap cermat membaca situasi dan tidak terlalu cepat membuat keputusan politik. Dia mengamati dinamika politik sebelum Pilkada DKI Jakarta: banyak tokoh mendeklarasikan pencalonan namun kandas di menit-menit akhir pendaftaran karena tak didukung partai politik.

Ridwan Kamil Setop PSBB di Jawa Barat, Kecuali Bodebek

"Akhir pendaftaran masih panjang. Saya enggak mau berandai-andai karena berkaca di Pilkada DKI, saya enggak mau geer (percaya diri) di awal-awal," katanya.

Emil mulai terang-terangan menyatakan siap mencalonkan gubernur Jawa Barat setelah Partai Nasdem mendeklarasikan dukungannya di lapangan Monumen Bandung Lautan Api Tegalega, Kota Bandung, pada 19 Maret 2017.

Deklarasi itu ditandai dengan penyerahan langsung rekomendasi politik oleh Ketua Nasdem Jawa Barat, Saan Mustopa, kepada Emil di hadapan sang Ketua Umum, Surya Paloh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya