Sembilan Daerah Ini Berpotensi Terkena Longsor

Peta prediksi tanah longsor di sembilan wilayah Indonesia pada Rabu (5/4/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/BNPB dok

VIVA.co.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperingatkan ada sembilan kabupaten/kota yang berpotensi terkena bahaya longsor.

Merinding! Jayabaya Ramal Bencana Alam Berupa Banjir dan Gunung Meletus di Mana-mana

Dari data prediksi yang dirilis BNPB pada Rabu, 5 April 2017, setidaknya ada sembilan daerah yang berpotensi terkena longsor.

Daerah itu yakni, Kabupaten Banggai Kepulauan, Banggai, Morowali, Tojo Una-una di Provinsi Sulawesi Tengah, kemudian Kabupaten Kepulauan Sula, Halmahera Selatan di Maluku Utara, dan Kabupaten Yahukimo dan Jayawijaya di Papua.

Banjir Melanda Rusia, Lebih dari Sekitar 15.000 Rumah Terendam

Merujuk dari data BNPB, sepanjang tahun 2017, Januari-Maret, total bencana di Indonesia sudah mencapai 884 kejadian. Secara rinci yakni, Banjir 313 kejadian, banjir dan tanah longsor 22 kejadian, gelombang pasang 4 kejadian, gempa bumi empat kejadian.

5 Ramalan Jayabaya yang Terjadi di Tahun 2024, dari Bencana Alam hingga Situasi Politik

Lalu, kebakaran hutan satu kejadian, kecelakaan transportasi dua kejadian, puting beliung 287 kejadian dan tanah longsor sebanyak 251 kejadian.

Selama periode itu, total korban meninggal mencapai 120 orang. Dengan banjir sebagai penyumbang terbanyak yakni 50 korban dan tanah longsor 20 korban.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya