Pimpinan DPD Terpilih Resmi Dilantik MA

Oesman Sapta Odang dilantik MA
Sumber :
  • VIVA.co.id/Reza Fajri

VIVA.co.id – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terpilih Oesman Sapta Odang akhirnya dilantik oleh Mahkamah Agung (MA) pada Selasa malam 4 April 2017. Dia dilantik bersama dengan dua Wakil Ketua DPD yakni Nono Sampono dan Darmayanti Lubis.

Pengganti OSO di Pimpinan MPR Harus Lewat Paripurna DPD

Pelantikan dilakukan usai skors sidang paripurna dicabut sekitar pukul 19.30 WIB. Pelantikan dan pengucapan sumpah dipandu oleh Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial, Suwardi. Suwardi pun membacakan sumpah dan diikuti oleh ketiganya.

“Demi Allah saya bersumpah, saya akan memenuhi kewajiban saya, sebagai ketua dan wakil ketua DPD dengan sebaik-baiknya, seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” bunyi sumpah yang dibacakan.

Gede Pasek Siap Gantikan OSO Jadi Wakil Ketua MPR

"Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban, akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa, negara dan daerah dari pada kepentingan pribadi, seseorang dan golongan. Bahwa saya akan mengutamakan aspirasi daerah yang saya wakili demi tujuan nasional, untuk kepentingan bangsa dan negara Republik Indonesia," lanjut mereka.

Setelah disumpah, ketiganya pun langsung menandatangani berita acara pelantikan dan pakta integritas. Kemudian, pimpinan sidang sementara yakni AM Fatwa dan Riri Damayanti menyerahkan palu sidang secara simbolis kepada mereka.

Putusan PTUN Diharapkan Hentikan Kisruh DPD

"Kami berharap dengan terpilihnya kami dapat segera fokus, dan memaksimalkan energi kita menjaga marwah DPD," kata Oso di meja pimpinan.

Kemudian Oso pun mengetuk palu sebanyak 3 kali. Dengan demikian Sidang Paripurna ke-9 dengan agenda pelantikan ini diakhiri dan para peserta sidang pun memberikan ucapan selamat.

Ketua Umum DPP Hanura, Oesman Sapta Odang (kiri).

Maju Lagi Jadi Anggota DPD, Oso Dikritik

Oso mendaftar jadi senator untuk dapil Kalimantan Barat.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2018