Kemendagri Sudah Tentukan Pemenang Tender Blangko E-KTP

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id – Menteri Dalam Negeri Tjajo Kumolo mengatakan, pihaknya sudah menandatangani kontrak tender pengadaan blangko KTP elektronik (e-KTP). DKI Jakarta menjadi prioritas pendistribusian karena akan melaksanakan putaran dua Pilkada.

INFOGRAFIK: Cara Buat KTP Digital

Tjahjo menekankan dari berbagai daerah masih ada kekurangan hingga 7 juta blangko. Kekurangan ini akan dilakukan dengan pendistribusian secara bertahap.

"Sudah kita distribusikan sebagian untuk DKI yang memasuki pilkada kedua, sisanya April bertahap selesai," kata Tjahjo Kumolo, di Istana Negara, Jakarta, Selasa 4 April 2017.

Rektor UIN Jakarta Semprot Agus Rahardjo Soal e-KTP: Pak Agus Seharusnya Merespon Saat Itu

Dia menambahkan, perusahaan yang mendapat tender blangko adalah perusahaan dalam negeri. Tjahjo yakin, distribusi blangko e-KTP rampung tahun ini.

Pihaknya akan langsung mendistribusikan ke seluruh daerah mulai April 2017 ini.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Terkait kekurangan di DKI, ia mengatakan ada sekitar 200 ribu warga belum mendapatkan fisik blangko e-KTP. "Saya kira untuk Maret sudah kita kirim draf di Jakarta lebih kurang 200 ribu yang belum punya e-KTP yang baru," tutur politisi PDIP itu.

Tjahjo pun menyampaikan permintaan maaf terkait persoalan ini. Ia menjelaskan, hal ini terjadi karena salah satunya puluhan pejabat Kementerian Dalam Negeri dalam setahun terakhir selalu dimintai keterangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan korupsi yang merugikan negara Rp2,3 triliun itu.

Tjahjo mengakui, kasus e-KTP membuat pihaknya sedikit waswas sehingga berpengaruh juga pada kecepatan dalam bekerja. "Jadi secara psikis terganggu ya. Tapi secara optimalisasi sudah bisa tercapai dengan baik.” (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya